Kompas TV regional peristiwa

Anies Resmikan Pembangunan Kampung Susun Cakung untuk Warga Penggusuran Bukit Duri

Kompas.tv - 7 Oktober 2021, 13:38 WIB
anies-resmikan-pembangunan-kampung-susun-cakung-untuk-warga-penggusuran-bukit-duri
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan pembangunan Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung yang berada di RW 05 Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Kamis (7/10/2021) (Sumber: KOMPAS.com/NIRMALA MAULANA ACHMAD)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, meresmikan perancangan pembangunan Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung yang berada di RW 05 Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Kamis (7/10/2021).

Kampung susun ini, kata Anies, akan ditempati oleh 75 keluarga dari korban penggusuran Bukit Duri, tebet, Jakarta Selatan, yang digusur pada 2016.

"Di tempat ini dibangun Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung, yang akan memfasilitasi 75 kepala keluarga yang semula tinggal di Bukit Duri yang menjadi korban penggusuran pada September 2016," kata Anies di Cakung, Jakarta Timur, Kamis (7/10/2021).

"Lima tahun mereka menanti dan alhamdulillah prosesnya memang panjang karena harus semuanya tertib administrasi dan memastikan bahwa semua dijalankan dengan benar dengan baik," sambungnya. 

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 600 Pencari Suaka di Jakarta, Anies: Ini Adalah Tugas Kemanusiaan

Anies mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada warga Eks Bukit Duri yang sabar mengikuti proses hingga dapat menempati kampung susun tersebut. 

"Saya mengucapkan terima kasih, para warga Eks Bukit Duri, semua yang sabar mengikuti proses ini, pelan proses ini, pelan prosesnya tapi insya Allah benar, sehingga bapak ibu sekalian bisa tinggal dengan tenang sampai generasi berikutnya," kata Anies. 

Kampung susun ini akan dibangun di lahan seluas 4.000 meter persegi dengan total 75 unit hunian terdiri atas 5 lantai serta 4 unit lainnya untuk kegiatan usaha.

Anies menjelaskan, bangunan kampung susun akan mengusung konsep kampung susun produktif, di mana warga disediakan ruang untuk beraktivitas ekonomi sesuai keterampilannya. Kampung susun ini ditargetkan akan rampung pada Maret 2022. 

Baca Juga: Bertambah, Kasus Varian Baru Covid-19 di Jakarta Kini Jadi 1.072

Menurut Anies, seluruh warga Jakarta berhak mendapatkan tempat tinggal yang layak.

"Kota ini milik semua, bukan hanya yang memiliki uang. Siapa saja warga Jakarta berhak punya tempat tinggal yang layak. Harus. Tapi dikerjakan dengan cara yang benar," ujar Anies.





 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x