Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Ribuan Menara Jaringan 4G Telkomsel akan Masuk ke Pelosok Indonesia

Kamis, 7 Oktober 2021 | 12:56 WIB
ribuan-menara-jaringan-4g-telkomsel-akan-masuk-ke-pelosok-indonesia
Ilustrasi BTS Telkomsel. (Sumber: Kompas.TV/Ant)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Operator seluler Telkomsel akan membangun ribuan menara Base Transceiver Station (BTS) 4G/LTE di wilayah terdepan, terluar dan tertinggal (3T), setelah ditetapkan sebagai mitra Kerja Sama Operasional pemerintah untuk menyediakan jaringan 4G di wilayah tersebut.

Sebelumnya, Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika pada akhir September lalu menetapkan Telkomsel dan XL Axiata sebagau Mitra Kerja Sama Operasional (KSO) Layanan Seluler 4G di wilayah 3T.

"Kami mengapresiasi keputusan Kemkominfo RI yang telah memberikan kepercayaan kepada Telkomsel untuk melanjutkan pemerataan akses broadband di wilayah 3T," kata Direktur Utama Telkomsel Hendry Mulya Syam, dalam keterangan resminya, Kamis (7/10/2021).

Lebih lanjut, Hendry menyampaikan, Telkomsel berkomitmen untuk menggelar infrastruktur menara BTS 4G/LTE di 7.772 titik di wilayah 3T, menggunakan skema universal service obligation (USO) bersama BAKTI.

Baca Juga: Telkomsel Gelar Akses Jaringan 5G Pertama di Papua

Infrastruktur tersebut akan dibangun di wilayah Area 2 (Nusa Tenggara), Area 3 (Kalimantan), Area 4 (Sulawesi), Area 5 (Maluku), Area 6 (Papua Barat), Area 7 (Papua Tengah Barat), Area 8 (Papua Tengah Utara) dan Area 9 (Papua Timur Selatan), sesuai dengan perjanjian kemitraan. Seluruh infrastruktur itu ditargetkan selesai pada Desember 2022.

"Telkomsel juga berharap dukungan dari para pemangku kepentingan lainnya seperti penyedia perangkat mobile dan aplikasi berbasis digital untuk bersama membangun ekosistem gaya hidup digital yang inklusif di seluruh wilayah 3T yang menjadi target pembangunan BTS USO yang baru nantinya," kata Hendri.

Diketahui, Telkomsel dan BAKTI sebelumnya sudah menggelar 1.158 BTS USO yang seluruhnya sudah terhubung ke jaringan broadband 4G/LTE.

Secara total, terdapat 7.904 BTS 4G yang akan dibangun secara bertahap hingga akhir 2022 melalui kerja sama BAKTI dengan mitra KSO, berdasarkan informasi yang dimuat di situs Kominfo.

Adapun, pembangunan BTS ini dibagi menjadi sembilan paket area kerja sama. XL Axiata akan mengerjakan Area 1 (Sumatra).

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

UMP Bali Naik 0,92 Persen

Jumat, 3 Desember 2021 | 16:46 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
16:50
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19