Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

PPKM Dilonggarkan, Hotel Berbintang Lebih Punya Kesempatan Ketimbang Hotel Bujet

Kamis, 7 Oktober 2021 | 10:01 WIB
ppkm-dilonggarkan-hotel-berbintang-lebih-punya-kesempatan-ketimbang-hotel-bujet
Ilustrasi penerapan protokol kesehatan di hotel. (Sumber: Dok. Puskompublik Kemenparekraf)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Okupansi hotel diprediksi terus membaik hingga akhir tahun 2021 seiring pelonggaran pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Senior Associate Director Research Colliers Indonesia Ferry Salanto mengungkapkan, tingkat rata-rata okupansi hotel di Jakarta, pada Mei-Juni 2021 sempat membaik dan mendekati kondisi sebelum masa pandemi tahun 2020. Namun kemudian kembali anjlok pada Juli-Agustus 2021 akibat peningkatan kasus Covid-19 dan pemberlakuan PPKM darurat.

Memasuki masa pelonggaran PPKM pada September 2021, tingkat okupansi hotel berangsur meningkat. Jika situasi terus membaik, pada akhir tahun 2021 diperkirakan terjadi perbaikan performa yang ditandai dengan peningkatan keterisian hotel.

Selain itu, relaksasi PPKM juga membantu hotel-hotel yang menerapkan kebersihan, kesehatan, keamanan, dan kelestarian lingkungan (CHSE) meningkatkan keterisian, selain memberikan kepastian bagi pengunjung hotel.

”Relaksasi ini akan membantu tingkat hunian di hotel di Jakarta kembali ke level yang diharapkan walau belum bisa pulih,” kata Ferry, dalam paparan media briefing properti Q3-2021, Rabu (6/10/2021).

Hotel berbintang vs hotel bujet

Di sisi lain, Director of Hospitality Services Colliers Indonesia Satria Wei mengungkapkan hotel berbintang di kawasan resor pariwisata saat ini memiliki kesempatan mendapatkan tamu lebih mudah seiring penyesuaian tarif hotel.

Baca Juga: Sepuluh Ribu Lebih Hotel-Restoran Sudah Implementasi PeduliLindungi, PHRI: Jumlah Terus Bertambah

Sebagian pelaku bisnis perhotelan kini fokus meningkatkan keterisian hotel ketimbang penetapan tarif yang sangat tinggi.  

”Dari sisi harga, kita yang dulu tidak berpikir menginap di hotel mewah, sekarang bisa tinggal di hotel mewah. Penyesuaian tarif ini akan bertahan cukup lama. Ini menyebabkan hotel bintang akan menikmati okupansi yang lebih tinggi dibandingkan hotel bujet,” katanya.

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:17
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19