Kompas TV internasional kompas dunia

Negara Skandinavia Hentikan Penggunaan Vaksin Moderna untuk Orang Muda

Kompas.tv - 7 Oktober 2021, 07:27 WIB
negara-skandinavia-hentikan-penggunaan-vaksin-moderna-untuk-orang-muda
Tiga botol Vaksin COVID-19 Moderna difoto di pusat vaksinasi virus corona baru di Velodrom Berlin, Jerman. (Sumber: AP Photo/Michael Sohn)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Fadhilah

KOPENHAGEN, KOMPAS.TV — Otoritas Skandinavia menangguhkan penggunaan vaksin Covid-19 Moderna pada orang muda, Rabu (6/10/2021). Hal ini dilakukan karena ada dugaan peningkatan risiko peradangan jantung.

Swedia menangguhkan penggunaan Moderna untuk warga berusia di bawah 30 tahun. Sedangkan Denmark mengatakan, warga mereka yang berusia di bawah 18 tahun tidak akan ditawarkan untuk mendapatkan Moderna.

Norwegia mendesak mereka yang berusia di bawah 30 tahun untuk mendapatkan vaksin Pfizer.

Sementara itu di Finlandia, pihak berwenang diperkirakan baru akan mengumumkan keputusan mereka pada Kamis (7/10/2021). 

Baca Juga: Kontaminasi Vaksin Covid-19 Moderna di Jepang akibat Keteledoran Manusia

Seperti dikutip dari The Associated Press, ketiga negara yang menangguhkan penggunaan Moderna mendasarkan keputusan mereka pada studi yang tidak dipublikasikan oleh Badan Kesehatan Masyarakat Swedia.

Studi itu mengatakan vaksin tersebut menyebabkan peningkatan risiko efek samping seperti peradangan otot jantung atau pericardium. 

Namun demikian, dalam laporan juga disebutkan bahwa risiko terkena dampaknya sangat kecil.

Anders Tegnell, kepala ahli epidemiologi Swedia mengatakan, mereka mengikuti situasi dengan cermat dan bertindak cepat untuk memastikan bahwa vaksinasi Covid-19 dilakukan seaman mungkin dan memberikan perlindungan yang efektif terhadap penyakit tersebut.

Informasi awal dari studi tersebut telah dikirim ke komite reaksi merugikan Badan Obat Eropa untuk dinilai.

Baca Juga: Vaksin Moderna dan Pfizer Bisa Didapat Tanpa Surat Dokter, Dinkes DKI Jelaskan Alasannya

“Studi tersebut dilakukan oleh Statens Serum Institut Denmark, sebuah lembaga pemerintah yang memetakan penyebaran virus corona di negara tersebut; Badan Produk Medis di Swedia; Institut Kesehatan Masyarakat Nasional Norwegia; dan Institut Kesehatan dan Kesejahteraan di Finlandia. Hasil akhir diharapkan akan didapatkan dalam waktu sekitar satu bulan,” kata Bolette Soeborg dari badan kesehatan pemerintah Denmark.

Vaksin Moderna diberi lampu hijau untuk digunakan pada warga berusia 18 tahun ke atas di 27 negara Uni Eropa pada Januari.

Pada Juli, European Medicines Agency merekomendasikan penggunaan vaksin Covid-19 Moderna untuk anak-anak usia 12 hingga 17 tahun. Kanada juga baru-baru ini menyetujui penggunaannya untuk anak berusia 12 tahun.



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x