Kompas TV internasional kompas dunia

Pemilu Jerman: Dua Partai Bahas Koalisi dengan SPD, Partai Merkel Berpeluang Jadi Oposisi

Kompas.tv - 6 Oktober 2021, 22:15 WIB
pemilu-jerman-dua-partai-bahas-koalisi-dengan-spd-partai-merkel-berpeluang-jadi-oposisi
Dua petinggi FDP dan Partai Hijau Jerman, Robert Habeck dan Annalena Baerbock dalam konferensi pers di Berlin, Senin (27/9/2021). (Sumber: John MacDougall/AFP Pool via Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Iman Firdaus

BERLIN, KOMPAS.TV - Dua partai yang meraih suara terbanyak ketiga dan keempat di Pemilu Jerman hendak membahas koalisi dengan partai pemenang pemilu, Partai Sosial Demokrat (SPD). Keputusan itu disampaikan perwakilan dua partai tersebut, Partai Hijau dan Demokrat Bebas (FDP) pada Rabu (6/10/2021).

Dua partai ini akan membicarkan kemungkinan pemerintahan yang akan datang di bawah pimpinan SPD. Jika kesepakatan tercapai, blok politik Kanselir Angela Merkel, Union (gabungan CDU dan CSU) akan menjadi oposisi di parlemen Jerman.

Baca Juga: Jadi Rebutan untuk Bentuk Koalisi, Dua Partai Jerman Adakan Pertemuan

Blok Union mendapatkan suara terbanyak kedua (24,1 persen) di Pemilu Jerman, September 2021 lalu. Mereka kalah tipis dari SPD yang meraih 25,7 persen suara.

Sementara itu, Partai Hijau dan FDP masing-masing memperoleh 14,8 persen dan 11,5 persen suara. Artinya, partai pemenang pemilu mesti menggandeng dua partai tersebut untuk membentuk pemerintahan mayoritas di parlemen Jerman.

Partai Hijau dan FDP sendiri memiliki haluan politik yang berbeda. Partai Hijau cenderung dekat dengan SDP, sementara FDP cenderung klop dengan blok Union. Beberapa hari belakangan, dua partai ini menggelar pertemuan untuk menentukan langkah politik.

Apabila terjalin kesepakatan antara SDP, FDP, dan Partai Hijau, kandidat kanselir dari SDP, Olaf Scholz kemungkinan menjadi suksesor Angela Merkel. Pos kanselir Jerman sendiri masih dipegang Merkel hingga pemerintahan baru terbentuk.

Baca Juga: Partai Angela Merkel Kalah Tipis, Hasil Pemilu Jerman Tak Janjikan Pemerintahan Solid


 



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x