Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Kepala Bappenas: Pembangunan Infrastruktur Tidak Boleh Buat Masyarakat Kehilangan Mata Pencaharian

Kompas.tv - 6 Oktober 2021, 20:18 WIB
kepala-bappenas-pembangunan-infrastruktur-tidak-boleh-buat-masyarakat-kehilangan-mata-pencaharian
Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar. Bagian dari ruas Tol Trans-Sumatera (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dina Karina | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) sekaligus Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyampaikan, dalam setiap pembangunan infrastruktur harus memperhatikan aspek sosial. Pembangunan infrastruktur harus membuka peluang penghasilan bagi masyarakat.

Suharso menegaskan, pembangunan infrastruktur di Indonesia tidak boleh membuat masyarakat kehilangan mata pencaharian.

"Pembangunan infrastruktur tidak boleh menjadikan masyarakat kehilangan mata pencaharian. Justru sebaliknya, pembangunan infrastruktur dapat memberikan peluang bagi masyarakat secara langsung," kata Suharso seperti dikutip dari Kompas.com, Rabu (6/10/2021).

Ia menambahkan, selain aspek sosial pembangunan, juga harus memperhatikan aspek lingkungan. Yaitu dengan tidak mengeksploitasi sumber daya alam nasional secara berlebihan.

Baca Juga: Sistem Pengupahan Baru Dinilai Belum Tentu Tingkatkan Investasi

Selanjutnya, pembangunan infrastruktur juga harus mampu memberikan manfaat ekonomi dan finansial yang digunakan untuk membiayai keberlangsungan operasinya.

"Penting perencanaan dan penyiapan proyek infrastruktur untuk dapat mengakomodasi hal tersebut dengan cermat dan komprehensif," ujar Suharso.

Ia menambahkan, pembangunan infrastruktur bukan hanya pembangunan fisik semata. Tapi juga merupakan kunci sukses Indonesia untuk memperbaiki perekonomian Indonesia.

Dalam visi misi Indonesia 2045, infrastruktur dan transformasi ekonomi harus dimulai tahun 2020-2024 untuk memberikan landasan kokoh menuju Indonesia Emas 2045.

"Upaya keras seluruh pihak dalam pembangunan infrastruktur saat ini merupakan jembatan untuk menuju transformasi ekonomi yang diharapkan menjadi katalis dari proses pemulihan Indonesia dari dampak pandemi," tandasnya.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.