Kompas TV internasional kompas dunia

Bank Myanmar Batasi Pengambilan Uang, Warga Gunakan Jasa Calo

Kompas.tv - 6 Oktober 2021, 18:31 WIB
bank-myanmar-batasi-pengambilan-uang-warga-gunakan-jasa-calo
Rakyat Myanmar kesulitan mengambil uang di ATM sejak kudeta militer. (Sumber: BBC)
Penulis : Dina Karina | Editor : Vyara Lestari

YANGON, KOMPAS.TV- Perbankan Myanmar membatasi nasabahnya untuk mengambil uang. Hal itu dilakukan lantaran rakyat Myanmar berbondong-bondong menarik uangnya di bank setelah kudeta militer. Bahkan banyak rakyat Myanmar menggunakan jasa calo agar bisa mengambil uang di rekening mereka sendiri. 

Sejak Maret 2021, Bank Sentral Myanmar membatasi penarikan tunai hingga 2 juta Kyat (Rp2,3 juta) seminggu untuk nasabah perorangan dan 20 juta Kyat (Rp23,4 juta) bagi sebagian besar perusahaan.

Salah satu warga Yangon, Ma Khine, bangun pagi-pagi untuk mengambil uangnya di ATM. Namun sesampainya di ATM Bank KBS di Myanmar Plaza, antrian panjang sudah terjadi pada pukul 6 pagi. Pihak bank memberikan nomor antrian kepada nasabah yang tengah mengantri.

"Namun, meskipun Anda salah satu yang beruntung mendapatkan nomor antrian, tidak ada jaminan bahwa masih akan ada uang di mesin saat giliran Anda tiba," kata Ma Khine seperti dikutip dari BBC, Rabu (6/10/2021).

Baca Juga: Trump Terlempar Keluar dari Daftar Orang Terkaya di AS, Ini Penyebabnya

"Hanya 3 dari sepuluh mesin yang bekerja pada satu waktu, dan bank tidak akan menambahnya lagi. Jika Anda tidak bisa menunggu, maka Anda harus membayar sogokan di pasar gelap," tambahnya.

Ma Khine melakukan hal itu bulan lalu dan harus membayar komisi 12 persen kepada calo, hanya untuk mengambil uangnya sendiri.

Sampai saat ini, belum ada aturan yang jelas dari otoritas terkait soal pembatasan jumlah uang yang bisa diambil di bank. Beberapa bank menerapkan aturan yang berbeda. Hal itu juga mengindikasikan sistem perbankan Myanmar hampir kolaps. 

Bank CB di wilayah Delta Irrawaddy misalnya, mengizinkan para pelanggan untuk menarik hanya 500 ribu Kyat (Rp586.000) dalam 2 pekan.

Baca Juga: Wow! Harga Bitcoin Melonjak, Tembus Rp720 Juta

"Bisnis kecil-kecilan sangat terpukul karena batasan ini. Sangat sedikit orang yang menabung sekarang. Anda dapat menghitung jumlah penabung dalam seminggu dengan jari di satu tangan. Di sisi lain, ribuan pemegang rekening menarik uang setiap hari," ujar Tun Tun, seorang manajer cabang sebuah bank.

Pengiriman uang juga tergantung pada ketersediaan uang tunai di kantor cabang penerima.

"Kami harus menelepon cabang lain untuk memeriksa apakah mereka memiliki cukup uang untuk membayar transfer," ucap Tun Tun.

Sementara itu, transaksi penukaran valas di Yangon tercatat turun 40 persen.



Sumber : BBC

BERITA LAINNYA



Close Ads x