Kompas TV regional berita daerah

Setelah 40 Tahun Absen, Petani Sendangsari Bantul Kembali Tanam Bawang

Kompas.tv - 6 Oktober 2021, 18:36 WIB
setelah-40-tahun-absen-petani-sendangsari-bantul-kembali-tanam-bawang
Ladang yang berada di Karangjati, Sendangsari, Pajangan, Bantul untuk pertama kali ditanami komoditas bawang merah. Area persawahan itu pernah terakhir kali ditanami bawang merah pada 1980. (Sumber: Switzy Sabandar/KOMPAS.TV)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Ladang yang berada di Karangjati, Sendangsari, Pajangan, Bantul untuk pertama kali ditanami komoditas bawang merah. Area persawahan itu pernah terakhir kali ditanami bawang merah pada 1980.

Selama 40 tahun lahan itu tidak lagi ditanami bawang merah. Hanya satu komoditas yang tumbuh di areal itu, yakni padi.

“Kali ini kami mencoba menanam bawang merah di areal pencontohan seluas 1.300 meter persegi yang merupakan tanah pelungguh dukuh,” ujar Lurah Sendangsari Durori, Rabu (6/10/2021).

Baca Juga: Panen Bawang Merah, Gubenur NTT Janji Bantu Distribusi

Sementara Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo mengapresiasi Sendangsari yang berani melakukan terobosan dalam diversifikasi komoditas pertanian.

“Semoga uji coba kembali penanaman bawang merah yang didukung Gapoktan Sendangsari ini membawa hasil," ucap wakil bupati Bantul.

Ia juga meminta Dinas Pertanian Bantul untuk mendampingi secara khusus pertanian bawang merah di areal percontohan ini. Hasil dan manfaatnya pun bisa dikembangkan dan menjadi contoh wilayah lain.

Baca Juga: 3 Alasan Harga Bawang Merah di Bantul Anjlok

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.