Kompas TV regional berita daerah

2 Bocah Hidup Di Pos Kamling

Kompas.tv - 6 Oktober 2021, 16:57 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

JEMBER, KOMPAS.TV - Satu keluarga dengan dua bocah di Jember, Jawa Timur, ditemukan bertahan hidup dengan menempati pos kamling sejak satu tahun terakhir. Kebutuhan hidupnya pun berasal dari uluran tangan warga di sekitar lokasi pos kamling.

Di pos kamling Jalan Slamet Riyadi, Kecamatan Patrang, Jember, Jawa Timur, Solehudin bertahan hidup bersama dua orang anaknya yang masih berusia 8 dan 9 tahun.

Tinggal dan bertahan hidup di pos kamling dengan keterbatasan, telah dijalani selama kurang lebih satu tahun terakhir.

Sebelumnya, keluarga ini hidup berpindah pindah dari kampung ke kampung dengan memanfaatkan pos kamling atau rumah kosong untuk tempat tinggalnya.

Hal ini dilakukan sejak kematian istrinya yang meninggal dunia akibat kecelakaan saat bekerja di Pulau Bali, yang membuat Solehudin membawa keluarga kecilnya hidup dan bertahan kembali ke Jember.

Namun Solehudin yang berasal dari Desa Sempolan, Kecamatan Silo, Jember, tidak bisa kembali ke kampung halamannya karena kedua orang tuanya telah meninggal dunia.

Untuk memenuhi kebutuhan hidup, Solehudin bekerja serabutan dengan upah yang tidak menentu, sehingga kondisi ini membuat kedua anaknya harus berhenti sekolah dan setiap hari hanya berkaktivitas di sekitar pos kamling.

Keluarga ini akhirnya mendapat perhatian khusus dari Dinas Sosial Kabupaten Jember, Jawa Timur, dengan memindahkan ke tempat lebih layak berikut pemenuhan kebutuhan hidup dan biaya pendidikan kedua ananya.


Sementara itu, dari data Dinas Sosial Kabupaten Jember, data terpadu kesejahteraan sosial tahun 2021 masih terdapat warga miskin dan tidak mampu di Kabupaten Jember sebanyak 896 ribu jiwa dari penduduk 2,5 juta jiwa lebih.

#beritajember
#poskamling
#tunawisma
#putussekolah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x