Kompas TV regional berita daerah

Robot SAR 2021, Robot Karya Mahasiswa UMP yang Mampu Memadamkan Api

Kompas.tv - 6 Oktober 2021, 13:47 WIB
Penulis : Akbar Prabowo

PURWOKERTO, KOMPAS.TV - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) berhasil menciptakan robot unik, canggih dan keren. Empat mahasiswa prodi Teknik Elektro UMP berhasil membuat robot yang bisa memadamkan api yang diberi nama Robot SAR 2021.

Keempat mahasiswa UMP itu adalah Dio Yudha Saputra, Sigit Dwi Prayogo, Adinda Putri Apriliana, dan Muhammad Dhiya'Ul Haq S. Mereka tergabung dalam tim mahasiswa Teknik Fakultas Teknik dan Sains.

Baca Juga: Amazon Luncurkan Robot Rumah Tangga yang Bisa Gantikan Manusia

Selain mampu melewati rintangan dan mematikan api, Robot SAR 2021 juga bisa menyelamatkan korban yang berada dekat pada api. Robot dapat berjalan menyusuri dan melewati setiap ruangan yang telah di berikan banyak rintangan.

Mulai dari ruangan untuk mendeteksi titik api untuk dipadamkan menggunakan sparyer air serta mencari korban untuk diselamatkan dengan cara membawa korban dan mencari ruang safety zone untuk meletakkan korban.

Proses pengerjaan robot kurang lebih makan waktu selama 3 bulan. Robot dibuat oleh tim robotik UMP serta dibantu dan dibimbing oleh dosen Fakultas Teknik UMP.

Video editor: Lisa Nurjannah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x