Kompas TV regional berita daerah

Bupati Kebumen Izinkan Pagelaran Wayang Kulit

Kompas.tv - 6 Oktober 2021, 13:30 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KEBUMEN, KOMPAS.TV - Memasuki PPKM level 3, sejumlah kegiatan masyarakat di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, pun telah mulai dilonggarkan salah satunya adalah pagelaran wayang kulit.

Meskipun kasus Covid-19 menurun drastis, namun Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto, saat menghadiri pagelaran wayang kulit di Sanggar Mangkuyudha Kompleks Pasar Desa Sawangan, Kecamatan Alian, meminta masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Sebab pandemi masih ada dan sewaktu-waktu bisa menular kepada siapapun tanpa mengenal usia. Bupati Kebumen juga menyampaikan bahwa pemerintah masih terus berupaya melakukan penanganan pandemi Covid-19. Salah satunya dengan menggencarkan vaksinasi.

"Kegiatan kebudayaan sudah mulai bisa digelar dengan catatan, pertama, tetap menggunakan masker untuk para pengunjungnya. Yang kedua, tetap ikuti apa yang menjadi petunjuk dari pemerintah kabupaten. Alhamdulillah sekarang kondisi Covid-19 sudah jauh turun," kata Arif Sugiyanto.

Pagelaran wayang kulit diselenggarakan ini dalam rangka tasyakuran merdi bumi tahun 2021. Selain melestarikan budaya, kegiatan ini juga untuk melestarikan tradisi leluhur dari jaman dulu. Sejatinya, kegiatan rutin ini biasa dilakukan menjelang musim panen, namun karena pandemi baru kali ini bisa dilaksanakan dan disambut antusias oleh masyarakat desa setempat.

#kebumen #wayangkulit #merdibumi



Sumber : Kompas TV Jateng

BERITA LAINNYA



Close Ads x