Kompas TV internasional kompas dunia

Foto Reynhard Sinaga, Pelaku Pemerkosaan Terbesar di Inggris Babak Belur Dihajar Korban

Kompas.tv - 6 Oktober 2021, 10:43 WIB
foto-reynhard-sinaga-pelaku-pemerkosaan-terbesar-di-inggris-babak-belur-dihajar-korban
Kepolisian Manchester Raya merilis foto Reynhard Sinaga saat dia ditangkap dalam kondisi babak belur pada 2017 lalu. (Sumber: GREATER MANCHESTER POLICE via BBC Indonesia)
Penulis : Desy Afrianti

LONDON, KOMPAS.TV - Kepolisian Manchester untuk pertama kalinya merilis foto Reynhard Sinaga, warga Indonesia yang dinyatakan bersalah dalam kasus yang digambarkan sebagai perkosaan terbesar di Inggris, saat ditangkap pada 2017.

Reynhard diperkirakan telah memperkosa sedikitnya 48 pria di apartemennya di Machester, Inggris.

Dalam foto yang dirili Senin (4/10/2021), Reynhard tampak babak belur dengan lebam di kedua matanya. Beberapa lembar selotip medis menutup luka-luka di bagian alis mata.

Reynhard ditangkap setelah seorang korbannya siuman saat diperkosa dan melakukan perlawanan. Dia dipukuli oleh salah satu korbannya yang seorang atlet.

Baca Juga: Korban Perkosaan Reynhard Sinaga Akhirnya Angkat Bicara

Polisi merilis foto ini untuk pertama kalinya jelang penayangan film dokumenter BBC berjudul Catching a Predator, yang mengisahkan investigasi polisi dalam usaha mereka menangkap Reynhard.

Kepolisian meyakini korban mahasiswa doktoral ini mencapai lebih dari 200 pria.

Daniel, korban Reynhard yang pertama kali membuka identitasnya, mengaku dirinya "tidak ingat apa-apa" ketika siuman di apartemen Reynhard.

Dia baru tahu bahwa dirinya merupakan korban pemerkosaan ketika detektif Manchester menunjukkan foto-foto ketika dia diperkosa, dua tahun kemudian.

"Sungguh mengerikan melihat diri Anda begitu tak berdaya dalam foto-foto yang diambil orang lain," katanya.

"Anda bisa lihat aku (seperti) koma. Aku terlihat mati," katanya seperti dikutip dari BBC.

Berbicara kepada BBC Two dalam dokumenter bertajuk Catching a Predator, Daniel mengaku memutuskan angkat bicara untuk membantu para korban Reynhard.

Baca Juga: Reynhard Sinaga Mungkin Tak Akan Pernah Menghirup Udara Bebas

"Sebagai seorang pria dan mengatakan bahwa saya telah diperkosa adalah hal yang sulit. Itu membuatmu merasa sangat tak berdaya," ujarnya.

Daniel menjadi korban ketika dirinya sedang merayakan ulang tahunnya bersama teman-temannya pada 2015. Dia terpisah ketika mereka pergi menumpang taksi ke rumah masing-masing.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x