Kompas TV nasional sosial

Pengelola Sebut Program Kartu Prakerja Atasi Masalah Lowongan Pekerjaan dan Kemampuan Bekerja

Kompas.tv - 5 Oktober 2021, 21:51 WIB
pengelola-sebut-program-kartu-prakerja-atasi-masalah-lowongan-pekerjaan-dan-kemampuan-bekerja
Ilustrasi Program Kartu Prakerja. (Sumber: Tangkap layar prakerja.go.id)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Program Kartu Prakerja disebut muncul untuk mengatasi dua isu utama ketenagakerjaan di Indonesia, yaitu permasalahan lowongan pekerjaan dan rendahnya kemampuan angkatan kerja.

Hal ini diungkapkan Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari pada Selasa (5/10/2021).

"Kartu Prakerja menghadirkan solusi dengan berbagai reformasi berkelanjutan kepada publik. Di antaranya dengan menekankan diri pada end to end digital, customer centric product, tim yang solid, serta good governance yang diakui BPK, BPKP dan KPK," kata Denni, dikutip dari Antara.

Denni mengatakan, program janji kampanye periode kedua Presiden Joko Widodo itu berjalan dengan pendekatan tanpa menghabiskan anggaran pemerintah.

Baca Juga: Bansos PKH Tahap IV Cair Oktober 2021, Ini Cara Cek Penerimanya

"Kami hadir untuk merespon amanat penderitaan rakyat dengan melihat konteks sosial di masyarakat. Karena itu, situs web prakerja.go.id pun sangat berbeda bila dibandingkan portal institusi milik pemerintah lainnya," jelas Deputi Ekonomi Kepala Staf Kepresidenan 2015-2020 itu.

Ia menyebut, rakyat sebagai konsumen dan pengelola Program Kartu Prakerja berusaha mendekatkan diri tanpa bersandar pada belas kasihan.

Menurutnya, beasiswa pelatihan disertai insentif pascapelatihan di masa pandemi memiliki narasi untuk memandirikan peserta penerima manfaat Prakerja.

Denni menyebut, hal ini tercermin dari calon penerima yang harus mendaftarkan diri sendiri jika ingin mengikuti program tersebut.

Sejak mulai bergulir pada April 2020, Kartu Prakerja telah berjalan hingga 21 gelombang dan menjangkau peserta dari 514 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Denni mengatakan, apa yang coba dibangun dengan Kartu Prakerja adalah sesuatu yang tidak terlihat dan membutuhkan proses panjang.

"Membangun manusia, seperti dilakukan dalam Program Kartu Prakerja, merupakan pembangunan yang tak kelihatan barangnya. Prosesnya panjang, harus telaten. Kita tak boleh putus asa untuk membawa masyarakat kita pada perbaikan dan pengembangan sumber daya manusia," demikian Denni.

Baca Juga: Kerap Ditanyakan, Saldo Prakerja Apakah Harus Dihabiskan? Ini Jawaban Manajemen

Syarat Pendaftaran Kartu Prakerja

Ada beberapa syarat pendaftaran program Kartu Prakerja yang perlu diperhatikan masyarakat menurut situs resmi https://www.prakerja.go.id/ yakni:

  • Peserta merupakan warga negara Indonesia (WNI) berusia minimal 18 tahun.
  • Peserta tidak sedang menempuh pendidikan formal.
  • Peserta merupakan pencari kerja, pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). 
  • Peserta bukan termasuk ke dalam kelompok pengecualian (anggota TNI/Polri, ASN, anggota DPR/DPRD, BUMN/BUMD, kepala desa dan perangkat desa, serta pejabat BUMN/BUMD) yang sudah menerima bantuan lainnya.
  • Penerima Kartu Prakerja maksimal 2 NIK dalam 1 Kartu Keluarga.

Peserta diharapkan menjawab pertanyaan untuk tes motivasi dan kemampuan dasar dengan baik, dan mengisi informasi dengan benar untuk memperbesar kemungkinan lolos seleksi. Peserta yang tidak berhasil lolos di gelombang ini, dapat mendaftar pada gelombang berikutnya.

Kolaborasi juga didorong dengan banyak pihak, baik pemerintah maupun lembaga pemberi pelatihan di pusat dan daerah untuk bergabung dalam ekosistem Kartu Prakerja.

Kartu Prakerja terbukti membantu peserta mengikuti ujian kompetensi dan sertifikasi, hingga mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

“Kisah sukses para peserta Kartu Prakerja sangat memotivasi, dapat dilihat di akun Instagram kami @prakerja.go.id,” tutup Denni.



Sumber : Kompas TV/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x