Kompas TV internasional kompas dunia

216.000 Anak Mayoritas Laki-Laki Jadi Korban Pelecehan Seksual di Gereja Katolik Prancis

Kompas.tv - 5 Oktober 2021, 20:05 WIB
216-000-anak-mayoritas-laki-laki-jadi-korban-pelecehan-seksual-di-gereja-katolik-prancis
Ilustrasi laki-laki yang menjadi korban pecehan seksual oleh pendeta dan guru di Gereja Katolik. (Sumber: 123RF/Amir Kaljikovic via swissinfo.ch)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sekitar 216.000 anak, yang kebanyakan laki-laki, menjadi korban pelecehan seksual di Gereja Katolik Prancis sejak 1950. Temuan ini berasal dari penyelidikan yang baru-baru ini dilakukan.

Mengutip BBC, pemimpin tim investigasi Jean-Marc Sauvé menyebut, setidaknya ada 2.900-3.200 pelaku. Tim investigasi menilai estimasi jumlah pendeta pelaku pelecehan seksual itu sebenarnya terlalu rendah.

Tak cuma itu, hanya segelintir kasus yang berakhir dengan pemberian hukuman disipliner pada pelaku. Lebih sedikit lagi yang berlanjut ke meja pengadilan.

Pendiri asosiasi untuk korban pelecehan seksual La Parole Libérée (Kebebasan Berbicara), François Devaux mengatakan, telah terjadi "pengkhianatan kepercayaan, pengkhianatan moral, pengkhianatan terhadap anak-anak".

Penyelidikan menemukan jumlah anak-anak yang dilecehkan di Prancis bisa meningkat menjadi 330.000 bila memperhitungkan pelecehan seksual oleh anggota awam Gereja, seperti guru di sekolah Katolik.

Baca Juga: Korban Perkosaan Reynhard Sinaga Akhirnya Angkat Bicara

Rilis laporan investigasi tersebut menyusul sejumlah klaim pelecehan dan penuntutan terhadap pejabat Gereja Katolik di seluruh dunia.

Penyelidikan independen ini berjalan sesuai perintah Gereja Katolik Prancis pada 2018. Investigasi selama lebih dari 2,5 tahun itu menyisir catatan pengadilan, polisi dan Gereja.

Tim investigasi juga berbicara kepada para korban dan saksi pelecehan seksual. Hasilnya, laporan berjumlah hampir 2.500 halaman itu menunjukkan sebagian besar korban adalah anak laki-laki dan berusia antara 10 dan 13 tahun.

Laporan itu menyoroti kegagalan Gereja mencegah pelecehan seksual dan melaporkannya. Bahkan, laporan itu menilai Gereja kadang-kadang dengan sengaja menempatkan anak-anak agar berinteraksi dengan para predator seksual itu.

"Ada banyak kelalaian, kekurangan, pembungkaman, dan usaha institusi Gereja menyembunyikan (fenomena pelecehan seksual ini)," ujar pemimpin tim investigasi Jean-Marc Sauvé, Selasa (5/10/2021), dilansir dari BBC.

Ia mengatakan, Gereja terus menunjukkan sikap tidak peduli pada para korban pelecehan seksual hingga awal 2000-an.

"Korban tidak dipercaya, tidak didengarkan. Ketika didengarkan, mereka dianggap mungkin ikut andil atas apa yang menimpa mereka," jelas Sauve.

Ia menambahkan, meski hasil penyelidikan ini mengungkap sebagian besar kasus di masa lalu, pelecehan seksual di Gereja Katolik masih terus menjadi masalah.

"Gereja Katolik, setelah lingkaran keluarga dan teman, adalah lingkungan yang memiliki prevalensi tertinggi kekerasan seksual," tulis laporan itu.

Salah satu korban adalah Olivier Savignac yang mengalami pelecehan seksual di usia 13 tahun oleh direktur sebuah kamp liburan Katolik di daerah selatan Prancis.



Sumber : Kompas TV/BBC


BERITA LAINNYA



Close Ads x