Kompas TV nasional gaya hidup

Kulit Menjadi Lebih Kering? Itu Satu dari Lima Tanda Penuaan Alami

Kompas.tv - 5 Oktober 2021, 17:58 WIB
kulit-menjadi-lebih-kering-itu-satu-dari-lima-tanda-penuaan-alami
Ilustrasi tanda penuaan alami kulit (Sumber: pixabay.com/Claudio Scott)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Melakukan perawatan kulit untuk melawan tanda-tanda penuaan seperti menjadi keharusan untuk sebagian orang, termasuk menerapkan pola hidup sehat.

Melakukan perawatan kulit dan menerapkan pola hidup sehat memang perlu. Tetapi, penuaan akan tetap terjadi secara alami.

Sehingga tidak perlu terlalu terkejut jika tanda-tanda penuaan kulit masih muncul meski sudah menerapkan pola hidup sehat dan perawatan kulit, misalnya kulit tidak lagi kencang.

Tanda-tanda tanda penuaan alami ini akan muncul sekalipun pada kulit yang sehat. Sebab, tingkat regenerasi kulit beserta lapisan-lapisan di dalamnya perlahan-lahan akan mengalami penurunan.

Dikutip dari Better Health! melalui Kompas.com, Selasa (5/10/2021), berikut lima tanda alami penuaan kulit:

1. Penipisan

Penipisan kulit atau thinning merupakan salah satu tanda alami penuaan kulit. Seiring penambahan usia, lapisan terluar yang disebut epidermis akan memperlambat laju produksi sel dan berakibat menipisnya sel epidermis.

Penipisan sel epidermis juga berakibat pada menipisnya sel dermis, yaitu lapisan kulit di bawah epidermis. Dalam jangka panjang, penipisan kulit ini mengakibatkan kulit menjadi berkerut.

Baca Juga: Khasiat Mengejutkan dari Ekstrak Buah Kaktus, Anti Penuaan hingga Obat Jerawat

2. Kekencangan menurun

Kekencangan kulit dipengaruhi oleh adanya dua zat, yakni elastin dan kolagen. Seiring bertambahnya usia, produksi kedua zat tersebut tak lagi sebanyak saat muda.

Penurunan produksi elastin dan kolagen menyebabkan kulit tidak lagi kencang dan cenderung menurun.

Penurunan kulit akan semakin terlihat ketika kita memasuki fase lansia. Hal itu juga dipengaruhi oleh gravitasi bumi yang turut menarik lapisan kulit, seperti di bawah mata serta di dagu.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.