Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Dapat Laporan saat Pimpin Upacara HUT ke-76 TNI: Kapal China dan AS Melintas di Natuna

Kompas.tv - 5 Oktober 2021, 14:41 WIB
jokowi-dapat-laporan-saat-pimpin-upacara-hut-ke-76-tni-kapal-china-dan-as-melintas-di-natuna
Presiden Joko Widodo saat menjadi pemimpin upacara Peringatan HUT TNI ke-76 di Istana Presiden Jakarta, Selasa (5/10/2021) (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang bertugas di Laut Natuna melaporkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa beberapa kapal dari China dan Amerika sempat melintas di perairan Indonesia di Natuna.

Laporan tersebut disampaikan oleh Laksamana Pertama TNI Dato Rusman selaku Komandan Gugus Tempur Laut Koarmada 1 dari daerah operasi Laut Natuna utara kepada Jokowi saat acara upacara HUT Ke-76 TNI di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (5/10/2021).

Namun, kata Dato situasi di Laut Natuna masih aman. Kapal-kapal China dan Amerika yang dimaksud itu hanya melintas.

Baca Juga: Kasal Pimpin Ziarah di Lima Taman Makam Pahlawan Jelang HUT TNI ke-76

"Izin melaporkan bahwa situasi perairan laut Natuna dan sekitarnya saat ini dalam keadaan aman dan kondusif," kata Dato kepada Presiden Joko Widodo secara daring, Selasa (5/10/2021).

Saat menyampaikan laporannya, Dato sedang berada di atas KRI Multatuli 561 sebagai kapal markas Guspurla Koarmada 1 yang saat ini sedang melaksanakan operasi siaga tempur laut dengan kekuatan 6 KRI.

Ia mengatakan, kondisi prajurit yang bertugas di wilayah Natuna dalam keadaan sehat. "Mohon izin bapak presiden kami laporkan juga bahwa seluruh prajurit saat ini dalam keadaan sehat walafiat."

"Dengan semangat motivasi dan dedikasi pengabdian yang tinggi untuk menjaga dan menegakkan kedaulatan maritim di seluruh wilayah yurisdiksi nasional Indonesia," kata Dato.

Selanjutnya, Presiden Jokowi menanyakan terkait kapal-kapal yang masuk ke wilayah Natuna.

"Tidak ada kapal asing yang masuk ke perairan kita?" tanya Jokowi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x