Kompas TV nasional peristiwa

HUT ke-76 TNI, Haedar Nashir Minta Jangan Terbawa Arus

Kompas.tv - 5 Oktober 2021, 14:39 WIB
hut-ke-76-tni-haedar-nashir-minta-jangan-terbawa-arus
Pada HUT TNI kali ini, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir menilai posisi dan sejarah menjadikan TNI memiliki tempat khusus dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. (Sumber: dok PP Muhammadiyah)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Purwanto

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- TNI memasuki usia 76 tahun pada 5 Oktober 2021. Pada HUT TNI kali ini, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir menilai posisi dan sejarah menjadikan TNI memiliki tempat khusus dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Menurut Haedar, re-orientasi baru TNI pasca reformasi membuat TNI memiliki positioning yang tepat sebagai kekuatan nasional milik seluruh rakyat dan negara Indonesia. Oleh karena itu, TNI yang sudah berusia 76 tahun diharapkan semakin mengokohkan jiwa kejuangan untuk sepenuhnya membela kepentingan bangsa dan negara.

“TNI jangan terbawa arus berbagai pertentangan kepentingan dan segala bentuk penyalahgunaan kekuasaan, sehingga bersama rakyat dapat tetap menjaga jatidiri, keberadaan, keutuhan, dan persatuan Indonesia,” ujar Haedar Nashir dalam siaran pers, Selasa (5/10/2021).

Baca Juga: Kasal Pimpin Ziarah di Lima Taman Makam Pahlawan Jelang HUT TNI ke-76

Ia menekankan pentingnya TNI meneguhkan komitmen dalam menjaga keamanan dan kedaulatan Indonesia dari berbagai ancaman dari dalam dan luar secara tangguh dan seksama sejalan perintah konstitusi. . Segenap anggotanya tegak lurus berdiri di atas dasar negara Pancasila,  menjunjung tinggi nilai luhur agama, berkebudayaan bangsa, dan tidak terpengaruh ideologi apapun yang menggerogoti jiwa keindonesiaan.

Haedar Nashir mengungkapkan Muhammadiyah sebagai kekuatan nasional yang hadir sejak perjuangan kemerdekaan sampai Indonesia merdeka juga melahirkan kader TNI yakni Soedirman. Jenderal Soedirman akhirnya dikenal sebagai Bapak TNI.

“Muhammadiyah  senantiasa bekerja sama dengan TNI dan komponen nasional lainnya untuk bersama-sama menjadikan Indonesia sebagai bangsa dan negara yang benar-benar merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur sebagaimana dicita-citakan para pendiri NKRI,” kata Haedar Nashir.

Baca Juga: HUT TNI ke-76, Ini Deretan Alat Tempur Andalan Militer Indonesia

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x