Kompas TV regional berita daerah

Turnamen Antarklub, Gairahkan Sepak Bola Wanita

Kompas.tv - 5 Oktober 2021, 12:58 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Untuk mengangkat persepakbolaan wanita, Gerakan Sepak Bola Wanita Indonesia (GSWI) Jawa Tengah menggelar turnamen antar klub. Sebab selama ini persepakbolaan wanita di Jawa Tengah jauh tertinggal dengan provinsi lain.

Turnamen sepak bola wanita antar klub ini digelar di Lapangan Sendang Leri, Wonolopo, Mijen, Kota Semarang. Koordinator GSWI Jateng, Rochmansyah Setiawan, menargetkan dua tahun ke depan sepak bola wanita Jawa Tengah sudah bisa sejajar dengan Provinsi Jawa Timur, Jawa Barat maupun DKI Jakarta. Gelaran ini juga bertujuan untuk menjaring bibit potensial pesepakbola wanita Jawa Tengah. Setelah ini pihaknya juga akan menggelar turnamen serupa di sejumlah wilayah lain untuk menggairahkan sepak bola wanita Jawa Tengah.

"Dengan GWSI ini kita mencoba untuk temen-temen di level klub supaya lebih bergairah karena selama ini memang temen-temen banyak berlatih tapi untuk mengukur kemampuan mereka di level kompetensi masih sangat minim," ujar Rochmansyah Setiawan.

Sementara pelatih Bintang Manis Kebumen, Andang Dwijokangko, mengapresiasi penyelenggara turnamen ini, sehingga mereka bisa berpartisipasi. Dia berharap pandemi segera berakhir, sehingga bisa digelar lebih banyak kejuaraan serupa maupun yang lebih bergengsi. Sehingga sepak bola wanita di Jawa Tengah bisa lebih maju dan setara dengan sepak bola pria.

"Saya harap persepakbolaan Indonesia khususnya putri tetap diramaikan, karena untuk era sekarang turnamen olah raga itu tidak hanya diikuti kaum pria, kami pun siap untuk meramaikan olah raga putri khususnya di cabang sepak bola," tutur Andang Dwijokangko.

Turnamen ini diikuti oleh enam klub sepak bola wanita di Jawa Tengah. Seperti Kabupaten dan Kota Semarang, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Brebes, Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Kebumen. Turnamen ini dimenangi oleh Bintang Manis Kebumen setelah pada laga final menekuk Ratanika Semarang dengan skor tipis 1-0. Sedangkan juara ketiga diraih GMM Kartini Wonosobo juga dengan skor tipis 2-1 melawan Bina Bangsa Brebes. Juara gelaran ini akan mewakili Jateng pada Laga GSWI Tingkat Nasional yang rencananya akan dilaksanakan akhir tahun ini.

#kotasemarang #gswijateng #bintangmaniskebumen



Sumber : Kompas TV Jateng

BERITA LAINNYA



Close Ads x