Kompas TV regional peristiwa

Menyoal Cuitan Pigai, Gibran: Tak Usah Ditanggapi, Warga Papua di Solo Aman

Kompas.tv - 5 Oktober 2021, 11:07 WIB
menyoal-cuitan-pigai-gibran-tak-usah-ditanggapi-warga-papua-di-solo-aman
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming. Gibran meminta masyarakat khususnya di Kota Solo tak menanggapai cuitan mantan komisioner Komnas HAM Natalius Pigai. (Sumber: surakarta.go.id)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meminta masyarakat tak menanggapi kicauan mantan Komisioner Hak Asasi Manusia Natalius Pigai melalui akun Twitter-nya, @NataliusPigai2

Kicauan akun Twitter tersebut menyebut nama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. 

"Tidak usah ditanggapi," terang Gibran di Solo, Jawa Tengah, Senin (4/10/2021). 

Putra sulung Presiden Jokowi menilai cuitan yang disampaikan Natalius Pigai lewat akun Twitter-nya tak mempengaruhi warga Papua yang berada di Solo. 

Warga Papua yang ada di Solo, kata Gibran, baik-baik saja.

"Mereka aman, nyaman di sini (Solo). Bolo kabeh (teman semua)," tegas Gibran.

Baca Juga: Dinilai Lakukan Ujaran Kebencian pada Jokowi dan Ganjar, Natalius Pigai Dilaporkan ke Polisi

Sebelumnya, Natalius Pigai menjadi sorotan karena dinilai telah menyampaikan kicauan diduga rasialisme terhadap Presiden Jokowi dan Ganjar di akun Twitter miliknya @NataliusPigai2.  

"Jangan percaya orang Jawa Tengah Jokowi & Ganjar. Mereka merampok kekayaan kita, mereka bunuh rakyat papua, injak-injak harga diri bangsa Papua dengan kata-kata rendahan Rasis, monyet & sampah. Kami bukan rendahan. kita lawan ketidakadilan sampai titik darah penghabisan. Saya Penentang Ketidakadilan)," tulis Pigai dalam akun Twitter-nya, Jumat (1/10).

Meski demikian, Pigai akhirnya membantah tudingan yang diarahkan kepadanya.

Pigai menyebut bahwa komentarnya ini bukanlah rasisme. Ia berdalih soal 'Jawa Tengah', 'Jokowi' dan 'Ganjar' adalah aksioma.

"Itu tidak ada rasis itu. Itu hanya dua oknum yang namanya Jokowi dengan Ganjar, itu tidak ada rasis," kata Pigai.

"Ke siapa rasisnya? Mereka berasal dari Jawa Tengah itu aksioma. Matahari terbit dari timur itu aksioma. Jokowi dengan Ganjar dari Jawa Tengah itu aksioma. Enggak ada rasis di situ," ucapnya.

Pigai juga menuturkan, cuitannya itu tak ada hubungannya dengan orang Jawa Tengah. Pigai pun mengatakan dirinya tak takut dilaporkan ke polisi.

“Laporkan polisi saja. Saya rasis enggak nanti hukum yang nilai, Anda juga harus siap konsekuensi dan cek twitter. Saya rasis yang mana?” kata Pigai.

Baca Juga: TOP3NEWS: Natalius Pigai Dilaporkan ke Polisi, Atlet Gantole Jatuh, Jokowi Beli Jagung Rebus



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x