Kompas TV nasional peristiwa

Sejarah Hari Guru Sedunia dan Tema yang Diangkat Tahun Ini

Kompas.tv - 5 Oktober 2021, 09:19 WIB
sejarah-hari-guru-sedunia-dan-tema-yang-diangkat-tahun-ini
Ilustrasi Hari Guru Sedunia 2021 (Sumber: Shutterstock)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hari ini, 5 Oktober 2021, diperingati Hari Guru Sedunia 2021 atau World Teachers' Day. Peringatan tersebut untuk merayakan jasa guru di seluruh dunia.

Lalu, apa sejarah 5 Oktober diperingati sebagai Hari Guru Sedunia?

Dilansir dari laman resmi UNESCO, Hari Guru Sedunia sudah dirayakan sejak 1994. Hari Guru Sedunia merupakan hari untuk memperingati penandatanganan Rekomendasi ILO/ UNESCO.

Rekomendasi ILO/UNESCO 1966 tersebut mengatur tentang Status Guru yang menetapkan tolak ukur hak dan tanggung jawab guru, standar untuk persiapan awal dan pendidikan lebih lanjut, rekrutmen, pekerjaan, serta kondisi belajar-mengajar. 

Dengan melibatkan para ahli, Rekomendasi ILO/UNESCO tersebut juga berisikan dialog terkait rekomendasi para guru terhadap kebijakan di bidang pendidikan. Jadilah UNESCO mencetuskan tanggal 5 Oktober tiap tahunnya sebagai Hari Guru Sedunia.

Baca Juga: Peringati Hari Guru, Jokowi Pastikan Gaji Guru P3K Dinaikkan Setara PNS

Masih dilansir dari situs resmi UNESCO, tema Hari Guru Sedunia 2021 adalah Teachers at the heart of education recovery

Tahun ini, Hari Guru Sedunia akan berfokus pada dukungan yang dibutuhkan para guru untuk berkontribusi penuh dalam proses pemulihan pandemi.

Hari Guru Sedunia 2021 akan memperhatikan dampak pandemi terhadap pendidikan serta langkah-langkah apa yang perlu diambil untuk memastikan bahwa guru sebagai tenaga pengajar mengembangkan potensi penuh mereka dalam proses pemulihan dari pandemi.

Acara perayaan Hari Guru Sedunia 2021 akan dilaksanakan secara daring atau virtual. Secara resmi acara akan dibuka pada 5 Oktober 2021 mendatang oleh Audrey Azoulay sebagai Direktur Jenderal UNESCO.

Acara perayaan Hari Guru Sedunia 2021 akan dilakukan bersamaan dengan pertemuan Komite Ahli Gabungan ILO-UNESCO tentang Penerapan Rekomendasi tentang Tenaga Pengajar (CEART), yang akan berlangsung dari 4 hingga 8 Oktober 2021. 

Acara global dan regional selama lima hari itu akan menguak dampak pandemi terhadap profesi guru, menyoroti tanggapan kebijakan yang efektif dan bertujuan menetapkan langkah-langkah yang perlu diambil untuk memastikan bahwa tenaga pengajar bisa mengembangkan kemampuan mereka sepenuhnya.

Baca Juga: Guru Honorer Doa Bersama Jelang Kelulusan Tes ASN PPPK



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.