Kompas TV tekno aplikasi

Whatsapp hingga Instagram Down dan Jadi Trending Topic, Pihak Facebook Beri Penjelasan

Kompas.tv - 5 Oktober 2021, 00:03 WIB
whatsapp-hingga-instagram-down-dan-jadi-trending-topic-pihak-facebook-beri-penjelasan
Ilustrasi Facebook, Whatsapp hingga Instagram down. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pada Senin (4/10/2021) malam, media sosial Facebook, Whatsapp hingga Instagram mengalami gangguan di beberapa negara, termasuk Indonesia. Pembicaraan soal #instagramdown pun menjadi trending topic.

Saat pengguna mencoba membuka Facebook, tulisan "Sorry, Something went wrong" yang berarti ada sesuatu yang salah terjadi.

Sementara, laman Instagram menampilkan tulisan "5xx Server Error" dengan latar warna putih.

Baca Juga: Kompak! WhatsApp, Instagram, dan Facebook Messenger Down Berjemaah

Melansir Blue Frontier, 5xx Server Error menunjukkan ada kesalahan dari sisi server di mana server situs web Whatsapp hingga Instagram tidak berhasil mengabulkan permintaan pengguna karena suatu alasan.

Secara umum, ini menunjukkan bahwa masalahnya tidak terletak pada situs web, koneksi internet, atau komputer Anda.

Kemungkinan besarnya, sedang ada pemeliharaan server untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Ada berbagai jenis error dari sisi server situs. Pertama, ada istilah "500 - Internal Server Error" yang berarti situs tidak dapat memutuskan masalah penyebab error.

Lalu, ada "501 - Not Implemented" di mana server situs tidak dapat membedakan permintaan yang dibuat atau tidak dapat mengabulkan permintaan saat ini karena alasan apa pun. 

Baca Juga: Kewalahan Balas Obrolan Kerjaan yang Bejibun? Ini Cara Bikin WhatsApp Web Jadi Punya Kategori

Ketiga, ada "503 - Service Unavailable" yang biasanya berarti sedang ada maintenance atau server kelebihan beban. Ini umumnya masalah sementara dan pengguna harus mencoba lagi nanti.

Terakhir, ada "504 - Gateway Timeout". Hal ini menunjukkan server hulu Whatsapp hingga Instagram gagal merespons permintaan akses secara tepat waktu.

Sementara, pihak perusahaan mengakui Facebook, Whatsapp, dan Instagram down. Mereka mengatakan pada pengguna bahwa masalah ini sedang diperbaiki.

"Kami sadar beberapa orang mengalami masalah mengakses aplikasi dan produk kami. Kami bekerja untuk mengembalikan segalanya kembali normal secepatnya, dan kami meminta maaf atas ketidaknyamanannya," tulis pihak Facebook lewat akun Twitter resmi mereka.

Baca Juga: Pemerintah akan Gabungkan Fungsi KTP Jadi NPWP, Begini Penjelasan Dukcapil

 



Sumber : Kompas TV/Blue Frontier

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.