Kompas TV nasional peristiwa

Tak Temukan Bekas Kekerasan, Polisi: Kematian Mantan Bupati Yahukimo Bukan Penyebab Kericuhan

Kompas.tv - 4 Oktober 2021, 23:36 WIB
tak-temukan-bekas-kekerasan-polisi-kematian-mantan-bupati-yahukimo-bukan-penyebab-kericuhan
Ilustrasi jenazah (Sumber: THINKSTOCK/KOMPAS.COM)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hasil pemeriksaan Polri menunjukkan, tidak ada bekas kekerasan pada tubuh mantan Bupati Yahukimo Abock Busup yang meninggal dunia di kamar Hotel Grand Mercure, Jakarta, Minggu (3/10/2021).

Pernyataan dari Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono itu lantas menepis dugaan awal kericuhan di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua, yang dikaitkan dengan kematian Abock Busup.

"Tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan di sekitar tubuh korban. Tidak ditemukan juga benda-benda lain, obat-obatan, dan sebagainya (di lokasi kejadian)," kata Rusdi kepada awak media, Senin (4/10/2021).

Kendati demikian, Rusdi mengaku belum mengetahui dengan pasti penyebab kematian Abock Busup, yang diketahui tiba di Jakarta untuk transit sebelum menghadiri suatu kegiatan di Bali.

Baca Juga: Kericuhan di Yahukimo, Wakil Ketua DPR Wanti-wanti Upaya Pecah Belah Antar Masyarakat

Menurut kronologi yang berhasil disusun, Rusdi menuturkan, kematian Abock Busup terungkap ketika petugas hotel mengetuk kamarnya namun tak ada jawaban.

Lepas itu, petugas hotel tersebut menghubungi rekan Abock Busup dan membuka paksa pintu kamarnya dari luar. Saat pintu terbuka, korban sudah ditemukan dalam keadaan tak bernyawa.

Kemudian, politikus PAN tersebut dilarikan ke RS Melia Cibubur untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

"Dari keterangan dokter yang menangani, didapati bahwa korban sudah dalam kondisi dead on arrival. Artinya korban telah meninggal dunia ketika sampai di RS," terang Rusdi.

Baca Juga: Polisi: Dugaan Awal Kericuhan di Yahukimo Papua, karena Kematian Mantan Bupatinya

Sebagai tindak lanjut dari kasus kematian Abock Busup, Rusdi menyampaikan bahwa jajarannya kini masih berusaha melakukan penyelidikan dan pendalaman.

Meskipun, ungkap Rusdi, pihak keluarga korban merasa kematian Abock Busup merupakan hal wajar dan menolak dilakukannya autopsi terhadap jenazah.

"Walaupun begitu, saat ini Polres Jakarta Pusat masih melakukan penyelidikan terhadap meninggalnya korban," papar Rusdi.

Tak lupa, kepada masyarakat di Yahukimo, Rusdi mengimbau untuk tidak terprovokasi dengan isu-isu yang beredar terkait kematian Abock Busup.

Untuk mengatasi dua kasus yang tengah jadi sorotan saat ini, yakni kematian Abock Busup dan kericuhan di Yahukimo, Polda Papua bersama Polda Metro Jaya akan terus melakukan koordinasi.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x