Kompas TV regional berita daerah

Perajin Gelar Pameran di Hari Batik Nasional

Kompas.tv - 4 Oktober 2021, 16:54 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV ­– Perkumpulan perajin dan pengusaha Batik Lampung menggelar pameran batik pada Sabtu (2/10) lalu. Kegiatan tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober.

Kegiatan pameran batik ini, diikuti oleh perwakilan Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung di halaman TK Sari Teladan, Beringin Raya, Kemiling, Bandar Lampung.

Baca Juga: Ketua TP PKK Lampung Berbagi Bahan Masakan Untuk Warga

Dalam pameran batik yang digelar, pengunjung disuguhkan dengan berbagai jenis batik yang menciri khaskan setiap nilai budaya di setiap Kabupaten/Kota Provinsi Lampung.

Hal ini dilakukan, guna memikat para pengunjung untuk membeli dan juga sebagai semangat saling memotivasi antara perajin batik di tengah pandemi Covid-19.

Laila Alhusna selaku penyelenggara acara pameran menjelaskan bahwa pameran yang digelar ini, diikuti oleh sepuluh UMKM yang berasal dari Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung. 

“Kegiatan ini sengaja dibuat kecil atau sederhana saja agar peringatan hari batik nasional tetap ada. Jadi, kami tidak ada target penjualan harus sekian, itu tidak," jelasnya.

Pameran batik yang digelar ini juga turut dihadiri langsung Ketua Dekranasda Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal. Riana mendukung penuh digelarnya pameran batik. Ia juga mengharapkan dengan digelarnya pameran tersebut, mampu memberi motivasi bagi para perajin batik di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Ia juga mengatakan, agar batik khas Lampung dapat semakin dikenal, baik di kancah nasional maupun internasional. Maka, para perajin diminta untuk tetap kreatif dan berinovasi, serta terus meningkatkan kualitas pada batik yang diproduksi.

Baca Juga: Ketua Tim Penggerak PKK Lampung Kampanyekan Pencegahan Stunting

“Tentunya saya ingin perajin-perajin batik di Lampung ini, untuk meningkatkan kualitas, selalu berinovasi sehingga batik-batik di Lampung ini digemari oleh masyarakat dari luar Lampung,” ujar Riana.

Meski, tengah berada di tengah kondisi pandemi. Namun, para perajin batik terus berupaya untuk tetap eksis berkarya yang ditunjukkan melalui pameran batik yang digelar.

#haribatiknasional #perajinbatik #dekranasdalampung



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x