Kompas TV olahraga kompas sport

Erick Thohir Sanjung Gol Tendangan Bebas Kiper Tim Sepak Bola Putra Papua

Kompas.tv - 4 Oktober 2021, 15:46 WIB
erick-thohir-sanjung-gol-tendangan-bebas-kiper-tim-sepak-bola-putra-papua
Kiper tim sepak bola putra Papua, Jhon Rericnal Pigai (tengah) merayakan golnya bersama rekan satu tim, Minggu (3/10/2021) di Stadion Mandala, Jayapura. (Sumber: ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Purwanto

JAYAPURA, KOMPAS.TV - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memuji gol tendangan bebas kiper tim sepak bola putra Papua, Jhon Rericnal Pigai ke gawang Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dalam laga Grup A PON XX Papua 2021 antara Papua vs NTT yang berlangsung di Stadion Mandala, Minggu (3/10/2021), tuan rumah menang dengan skor 4-0. 

Kapten tim, Ricky Cawor menyumbang dua gol dalam laga ini. Lain itu, ada Rafiko Nawipa. 

Akan tetapi, hal yang mencuri perhatian terjadi ketika kiper Jhon Rericnal Pigai mencetak gol ketiga Papua dari situasi tendangan bebas. 

Erick Thohir yang menyaksikan langsung pertandingan ini, merasa kagum dengan momen unik tersebut. 

"Saya pikir gol dari penjaga gawang lewat tendangan bebas adalah sesuatu yang spesial," sebut Erick Thohir kepada SEA News Today. 

"Saya pikir Papua mampu memenangkan kejuaraan ini, tetapi mereka harus menjaga fokus di setiap pertandingan," imbuhnya. 

Baca Juga: Freeport Bakal Beri Bonus untuk Atlet Papua yang Raih Medali di PON XX Papua

Sebenarnya, Papua dapat memenangkan laga dengan skor 5-0 apabila tendangan penalti yang juga diambil Jhon Pigai tidak ditepis penjaga gawang NTT. 

Menurut pelatih tim Papua, Eduard Ivakdalam, kesuksesan Jhon Pigai dalam mencetak gol dari tendangan bebas, bukan kebetulan belaka. 

"Yang kasih dia untuk tendangan bebas, kaki kirinya sangat luar biasa dan dalam tim tadi bolanya ada di posisi tengah dan ini harus ada orang kiri dan kanan, dan itu peluang yang besar," kata Eduard, dikutip dari Antara.

Baca Juga: Taklukkan Jawa Barat, Papua Raih Medali Emas Futsal PON XX Papua

"Saya tahu dia (Jhon) tiga kali cetak gol dari tendangan bebas karena ini sudah dilakukan dalam latihan terus menerus," sambungnya.

"Dia orang kedua pengambil penalti, Ricky pertama. Dia mampu melakukan itu, hanya tadi memang gagal [penaltinya]," tambah eks pemain Persipura Jayapura. 

Kemenangan kontra NTT ini juga membuat Papua melesat ke babak 6 besar. Mereka menjadi pemuncak klasemen Grup A dengan poin sempurna, 9 angka dari tiga laga. 


 



Sumber : Kompas TV/SEA News Today/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.