Kompas TV regional berita daerah

Inovasi Bahan Baku, Bisnis Kaligrafi Mulai Menggeliat

Senin, 4 Oktober 2021 | 13:46 WIB

DEMAK, KOMPAS.TV - Sejumlah perajin kaligrafi aluminium di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, banyak yang merugi selama pandemi Covid-19. Namun ada juga diantara perajin yang berhasil bertahan melalui inovasi, dengan mengubah bahan baku aluminium menjadi bahan lilin prada. 

Bagi perajin kecil kaligrafi, dinamika sebuah usaha sudah lumrah terjadi. Tinggal apakah mereka gigih atau tidak dalam menjalaninya. Namun lain halnya jika dihadapkan pada kondisi pandemi seperti yang terjadi saat ini. Dampak pandemi ini dialami hampir semua bidang usaha, tak terkecuali dialami para perajin kaligrafi berbahan alumunimum. 

Salah satunya adalah Abdurrohim, warga Desa Karang Anyar, Kecamatan wonosalam, Kabupaten Demak, yang nyaris gulung tikar. Namun berkat kegigihan dan inovasinya, perajin kaligrafi dari aluminium ini berhasil lolos dari badai pendemi Covid-19. Tahun pertama pandemi, Abdurrohim sempat berhenti produksi selama dua bulan, karena tidak adanya permintaan. Ia yang sempat nyaris gulung tikar kemudian belajar mengerti selera pasar dan biaya produksi, iapun akhirnya memutuskan mengganti bahan baku dari aluminium diganti dengan bahan lilin prada. 

keputusannya ternyata tepat, karena pesanan kini kembali berdatangan. Iapun kemudian mulai produksi dan mempekerjakan 11 orang karyawannya lagi. Satu bulan terakhir, rumah usaha kerajinan kaligrafi milik Abudurrohim, mulai kebanjiran order lagi. Selain dari wilayah Jawa, pesanan kaligrafi juga datang dari Kalimantan dan Sumatera. "Keunggulan menggunakan lilin prada ini prosesnya lebih cepat, harga juga lebih terjangkau, " katanya. 

Seni Kaligrafi Lilin Prada ini cukup unik. Hampir seluruh bahan menggunakan lilin yang digabung dengan kertas emas yang disebut Prada. Selain menghasilkan kaligrafi yang lembut,  keberhasilan metode ini menjadikan harga produksi lebih murah 30 persen. Harga jual kaligrafi ini mulai puluhan hingga ratusan ribu rupiah. 

#kaligrafi #perajinaluminium #kabupatendemak 

Penulis : KompasTV Jateng

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:35
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19