Kompas TV nasional agama

Cerita Toleransi di Pemakaman Sabam Sirait: Dilakukan Secara Kristen, Berhenti Sejenak saat Azan

Kompas.tv - 4 Oktober 2021, 10:02 WIB
cerita-toleransi-di-pemakaman-sabam-sirait-dilakukan-secara-kristen-berhenti-sejenak-saat-azan
Prosesi pemakaman Sabam Sirait yang dipotret oleh mantan menteri agama Lukman Hakim Saifudin (Sumber: Cuitan akun @lukmanhakimsaifudin)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ada cerita menarik dalam prosesi pemakaman politisi senior PDI Perjuangan, Sabam Sirait, yang dikebumikan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (3/10/21). Kisah ini diunggah dalam sebuah cuitan Lukman Hakim Saifuddin ketika mengikuti prosesi pemakaman.

Lukman yang merupakan Menteri Agama yang menjabat pada 2014-2019 itu mengisahkan, di tengah prosesi pemakaman Sabam Sirait tiba-tiba ada azan berkumandang.

Prosesi pemakaman pendiri PDI Perjuangan itu pun dihentikan sejenak untuk menghormati azan. Azan adalah tanda masuknya waktu salat bagi umat Islam.

Putra mendiang Sabam Sirait, Maruarar Sirait, yang sedang berpidato mewakili keluarga pun meminta prosesi untuk dihentikan sejenak, guna menghormati azan itu, menghormati muslim. Padahal, prosesi pemakaman itu dilakukan secara Kristen.

“Di tengah prosesi pemakaman mendiang Bapak Sabam Sirait secara Kristen di TMP Kalibata, saat Maruarar Sirait menyampaikan sambutannya mewakili keluarga, tiba-tiba terdengar suara azan,” cuit Lukman Hakim.

Baca Juga: Usai Disemayamkan di Gedung DPR/MPR, Jenazah Sabam Sirait Dimakamkan di TMP Kalibata

Lukman lantas cerita, Maruarar Sirait lantas menghentikan sambutannya. Padahal, sambutan itu sedang ada di tengah-tengah pidato.

Arar, begitu politisi PDI Perjuangan itu biasa disapa, ketika mendengar azan itu berkata,“Kita hormati azan dulu.”

Lukman pun tampak takjub. Bahkan ia berkata, ia respek terhadap proses itu yang mengedepankan toleransi.

“Saya respek dengan (peristiwa toleransi-red) itu,” ujarnya.

Jenazah Sabam Sirait dimakamkan secara militer di TPM Kalibata. Beberapa politisi senior dan tokoh juga hadir sebagai penghormatan terakhir mendiang yang lahir 13 Oktober 1936 tersebut. Beberapa tokoh yang hadir antara lain, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laili, Wakil Ketua DPD Mahyudin hingga Bambang Soesatyo.

Baca Juga: Sekjen PDI Perjuangan: Sabam Sirait Mengajarkan Politik itu Suci

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x