Kompas TV internasional kompas dunia

Yordania Kini Bela Suriah Usai Presiden Suriah Bashar al-Assad Telepon Raja Yordania Abullah II

Senin, 4 Oktober 2021 | 03:05 WIB
yordania-kini-bela-suriah-usai-presiden-suriah-bashar-al-assad-telepon-raja-yordania-abullah-ii
Dalam pembicaraan telepon dengan Presiden Suriah Bashar al-Assad, Raja Abdullah II kini menyuarakan dukungan Yordania untuk upaya menjaga kedaulatan, persatuan teritorial, dan keamanan Suriah. (Sumber: Arab News)

AMMAN, KOMPAS.TV - Raja Yordania Abdullah II dan Presiden Suriah Bashar Assad telah membahas hubungan untuk pertama kalinya sejak perang Suriah dimulai pada 2011.

Dalam sebuah pernyataan singkat pada hari Minggu, (03/10/2021) Raja Abdullah menerima panggilan telepon dari Assad di mana kedua pemimpin “membahas hubungan antara kedua negara persaudaraan dan cara-cara untuk meningkatkan kerja sama.”

Dalam pembicaraan telepon itu, Raja Abdullah II kini menyuarakan dukungan Yordania untuk upaya menjaga kedaulatan, persatuan teritorial, dan keamanan Suriah.

Pembicaraan tersebut adalah yang pertama sejak meletusnya konflik Suriah, ketika Yordania ambil posisi melawan rezim Assad bersama dengan pemain regional lainnya.

Selama wawancara dengan BBC pada November 2011, tujuh bulan setelah pemberontakan dimulai, Raja Abdullah meminta Assad untuk mundur demi kepentingan negaranya.

Yordania, yang merupakan rumah bagi sekitar 650.000 pengungsi Suriah, baru-baru ini mulai meningkatkan hubungan dengan Suriah.

Delegasi tingkat tinggi dari kedua negara mengadakan pertemuan rutin selama beberapa minggu terakhir tentang cara-cara untuk meningkatkan hubungan bilateral.

Baca Juga: Vladimir Putin Temui Bashar al-Assad, Bahas Situasi Suriah hingga Kerja Sama Kemanusiaan

Presiden Suriah Bashar al Assad. Raja Abdullah menerima panggilan telepon dari Assad di mana kedua pemimpin “membahas hubungan antara kedua negara persaudaraan dan cara-cara untuk meningkatkan kerja sama.” (Sumber: Kantor Kepresidenan Suriah via Associated Press)

Menteri Pertahanan Suriah Ali Ayoub, yang juga panglima militer, baru-baru ini bertemu di Amman dengan Kepala Staf Yordania Jenderal Yousef Huneiti.

Yordania juga membuka kembali perbatasan Jaber-Nasib dengan Suriah pekan lalu setelah ditutup hampir dua bulan karena pertempuran di provinsi selatan Suriah, Daraa.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Kompas TV/Arab News



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:52
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19