Kompas TV nasional wisata

1.164 Layar Bioskop Mulai Dibuka, Sandiaga Harap Geliatkan Kembali Industri Film Tanah Air

Kompas.tv - 3 Oktober 2021, 21:24 WIB
1-164-layar-bioskop-mulai-dibuka-sandiaga-harap-geliatkan-kembali-industri-film-tanah-air
Menparekraf Sandiaga Uno melakukan pemindaian kode batang sebelum memasuki bioskop, Minggu (3/10/2021) (Sumber: Ist/Kemenparekraf)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sebanyak 1.164 layar bioskop mulai dibuka dalam uji coba pembukaan bioskop di Tanah Air. Uji coba itu akan dilakukan berkelanjutan.

Penjelasan itu disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno saat meninjau salah satu bioskop yaitu XXI PGC, Cililitan, Jakarta Timur, Minggu (3/9/2021).

“Hari ini kita melihat sendiri bagaimana bioskop sudah mulai diujicobakan dengan protokol kesehatan serta aplikasi PeduliLindungi. Kita meyakini jika menerapkan protokol kesehatan tentunya bioskop ini semakin banyak yang dibuka. Untuk saat ini sudah ada 1.164 layar yang mulai dibuka dan uji coba ini akan kita lakukan secara bertahap, bertingkat, dan berkelanjutan,” katanya, seperti tertulis dalam keterangan resmi Kemenparekraf.

Sandiaga juga berharap agar uji coba pembukaan bioskop di sejumlah wilayah yang telah menerapkan PPKM Level 2 dan 3 dapat menggeliatkan kembali roda perekonomian pelaku industri film Tanah Air.

Baca Juga: Belum Ada Surat Izin, Satgas Tegur Bioskop Untuk Tutup

Menurutnya, selama ini perfilman menjadi subsektor yang cukup menjanjikan dalam memberikan kontribusi terhadap pendapatan negara.

Bahkan, kontribusi industri film terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional sebesar Rp15 triliun pada 2019.

Namun, pelaku industri ekonomi kreatif khususnya perfilman mengalami dampak yang signifikan akibat pandemi Covid-19.

“Mudah-mudahan uji coba pembukaan bioskop ini bisa membangkitkan kembali ekosistem bioskop dan film-film nasional,” lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga mencoba langsung dan mengamati alur protokol kesehatan yang telah diterapkan.

Mulai dari scan QR code melalui aplikasi PeduliLindungi, menggunakan hand sanitizer yang telah disediakan dan pengecekan suhu tubuh di pintu masuk bioskop.

Suhu tubuh di atas 37,3 derajat celcius tidak diperkenankan masuk dan pengunjung diwajibkan memakai masker.

Semua protokol kesehatan yang diterapkan di bioskop dilakukan dengan menjaga jarak sesuai dengan tanda yang telah disediakan.

Baca Juga: Masuk Mal Dan Bioskop Wajib Scan Peduli Lingdungi

Kemudian, kapasitas seat bioskop hanya 50 persen, dan pengunjung pun tidak diperbolehkan untuk makan dan minum selama berada di area bioskop.

Para staf bioskop pun telah menerima vaksinasi dosis lengkap dan menggunakan alat pelindung diri, seperti sarung tangan, masker, serta face shield.

Pengunjung yang diperkenankan masuk ke dalam bioskop adalah pengunjung yang sudah mendapatkan dua kali dosis vaksin dan yang berusia 12 - 60 tahun.

Pengunjung juga dianjurkan membeli tiket terlebih dahulu secara online, untuk meminimalisasi sentuhan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.