Kompas TV internasional kompas dunia

Rodrigo Duterte Pensiun dari Politik, Ternyata Putrinya akan Maju sebagai Calon Presiden Filipina

Kompas.tv - 3 Oktober 2021, 16:13 WIB
rodrigo-duterte-pensiun-dari-politik-ternyata-putrinya-akan-maju-sebagai-calon-presiden-filipina
Presiden Filipina Rodrigo Duterte. (Sumber: Simeon Celi/Malacanang Presidential Photographers Division via AP)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Edy A. Putra

MANILA, KOMPAS.TV - Presiden Filipina Rodrigo Duterte menegaskan putrinya, Sara Duterte-Capio, akan maju dalam pemilihan presiden tahun depan.

Hal itu diungkapkan Duterte saat diwawancarai ABS-CBN setelah ia memutuskan pensiun dari politik pada Sabtu (2/10/2021).

Duterte juga mengungkapkan salah satu loyalisnya, Senator Christopher “Bong” Go, yang akan mendampingi putrinya sebagai calon wakil presiden.

“Itu adalah Sara dan Go,” ujar Duterte saat ditanya apakah putrinya akan ikut dalam pemilihan presiden, seperti dilansir oleh The Straits Times.

Baca Juga: Batal Maju Cawapres Filipina, Rodrigo Duterte Pensiun dari Politik

Sara sendiri saat ini merupakan Wali Kota Davao, kota terbesar ketiga di Filipina.

Sebelumnya ia sempat mengungkapkan akan maju lagi dalam pemilihan wali kota, dan menegaskan tak akan maju dalam pemilihan presiden tahun depan.

Saat dikonfirmasikan mengenai perkataan Presiden Duterte, Juru Bicara Sara Duterte-Capio, Christina Garcia Frasco, memberikan penjelasan.

“Sepanjang yang saya tahu adalah seperti apa yang diberitakan oleh saluran berita lokal. Kami saat ini belum akan memberikan komentar apa-apa,” ujar Garcia Frasco.

Sedangkan Go masih belum memberikan respons terkait komentar Presiden Duterte.

Saat ditanya mengenai kapan putrinya akan mengajukan pencalonan, Duterte sendiri mengungkapkan belum tahu kapan ia akan melakukannya.

Baca Juga: Sembunyikan 900 Gram Emas di dalam Bokong, Pria Ini Ditangkap karena Cara Jalannya yang Aneh

“Sebenarnya kami jarang membicarakan politik, kami tak pernah membicarakannya. Saya bisa mengatakan itu yang terbaik,” tuturnya.

Saat ini, baru Manny Pacquaio dan Francisco Domagoso yang sudah mengumumkan akan melakukan pencalonan sebagai presiden dalam pemilihan presiden Filipina tahun depan.

Para kandidat harus melakukan pendaftaran hingga 8 Oktober, namun pergantian atau keputusan untuk mundur akan diizinkan hingga 15 November.

Pemilihan presiden Filipina sendiri akan dilakukan pada Mei 2022.



Sumber : The Straits Times

BERITA LAINNYA



Close Ads x