Kompas TV nasional sosok

Rekam Jejak dan Profil Sardjono Jhony Tjitrokusumo, dari Penerbang Senior hingga Dirut Transjakarta

Kompas.tv - 3 Oktober 2021, 15:17 WIB
rekam-jejak-dan-profil-sardjono-jhony-tjitrokusumo-dari-penerbang-senior-hingga-dirut-transjakarta
Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) Sardjono Jhony Tjitrokusumo. (Sumber: ANTARA/HO-Humas TransJakarta)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sardjono Jhony Tjitrokusumo secara resmi diangkat dan dilantik menjadi Direktur Utama (Dirut) PT TransJakarta oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 29 Mei 2020.

Jhony lahir di Jakarta pada 5 Agustus 1971. Ia ditunjuk menggantikan Dirut Transjakarta sebelumnya, yakni Donny Andy Saragih serta Agung Wicaksono.

Agung Wicaksono diketahui mengundurkan diri lantaran alasan keluarga sejak 23 Januari 2020.

Lalu posisi tersebut sempat ditempati oleh Donny Andy Saragih yang kemudian mengundurkan diri pada 27 Januari 2020.

Penunjukan Jhony dilakukan berdasarkan hasil keputusan para pemegang saham di luar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT TransJakarta tentang Perubahan Susunan Anggota Direksi yang ditandatangani pada Rabu, 27 Mei 2020.

Baca Juga: Mendiang Dirut Transjakarta akan Dimakamkan di TPU Pondok Rangon Jakarta Timur

Rekam Jejak Sardjhono Jhony Tjitrokusumo

Sebelum bergabung dengan Transjakarta, Jhony merupakan seorang penerbang yang pernah bekerja di beberapa maskapai dunia.

Dia memulai karirnya sebagai pilot di Merpati Airlines pada 1991 hingga 2004. Pada 2006 hingga 2007, ia menjadi pilot pada maskapai internasional Qatar Airways. Kemudian sejak 2008, ia menjadi pilot senior pada maskapai Internasional Etihad Airways.

Setelah itu, karirnya terus berlanjut di dunia penerbangan dengan menjadi dirut Merpati Nusantara Airlines 2010-2012, pendiri dan pemilik perusahaan Leste Aviation di Timor Leste tahun 2013, direktur operasional Bandara Internasional Jawa Barat, serta chairman West Java Enterprises Partnership.

Selain itu, Jhony juga merupakan pendiri dari Leste Development and Invesment Company tahun 2016, serta pernah menjabat sebagai direktur pengembangan usaha PT Angkasa Pura 1 (Persero) sejak 2017 hingga 2020 yang membawahi portofolio Bisnis Induk Usaha, IT, dan Digitalisasi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x