Kompas TV olahraga kompas sport

Fakta PON XX Papua 2021: Ada Cabor E-Sport hingga Aksi Jokowi Main Bola

Kompas.tv - 3 Oktober 2021, 18:08 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 berlangsung di Papua. Ajang olahraga ini harusnya diselenggarakan pada tahun lalu, tetapi ditunda karena pandemi Covid-19.

Gelaran PON XX Papua 2021 ditandai dengan Opening Ceremony, Sabtu (2/10/2021), dan akan berlangsung hingga 15 Oktober 2021.

Sebelumnya, beberapa cabang olahraga telah bertanding sebagai pembuka sejak 24 September.

PON XX Papua 2021 akan mempertandingkan 37 cabor, 56 disiplin, dan 679 nomor pertandingan. Sebanyak 7.066 atlet dari seluruh provinsi Indonesia akan bersaing memperebutkan total 2.239 medali yang telah disiapkan.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, E-Sport termasuk dalam cabor yang dipertandingkan di gelaran PON sebagai cabang olahraga eksibisi.

Olahraga elektronik yang dipertandingkan yaitu e-football PES 2021, Mobile Legends, Free Fire, serta game lokal Lokapala yang dipertandingkan sebagai pertandingan persahabatan.

PON XX Papua 2021 menjangkau 4 lokasi yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Venue utama penyelenggaraan PON XX ini berada di Stadion Lukas Enembe, Sentani Timur, Kabupaten Jayapura.

Sementara itu, kangpho (kangguru pohon) dan drawa (cendrawasih) dipilih menjadi maskot endemik Papua, sekaligus maskot PON XX Papua 2021.

Di sisi lain, sebanyak 25 ribu noken atau tas tradisional asli Papua dijadikan sebagai merchandise resmi PON XX bagi atlet dan ofisial.

Sementara itu, ada momen menarik dalam upacara pembukaan PON XX Papua 2021.

Di tengah acara, Presiden Jokowi turun dari tribune kehormatan untuk bermain sepak bola bersama 4 atlet sepak bola dari Papua, salah satunya adalah pesepak bola legendaris Jack Komboy.

Jokowi mengaku bangga berada di tanah Papua. Ia juga bahkan menyebut, bahwa Stadion Lukas Enembe di Jayapura, merupakan stadion terbaik di Asia Pasifik.

Baca Juga: Round-up Sorotan Berita: Kemeriahan PON XX Papua hingga Teluk Jakarta Mengandung Paracetamol

(*)

Grafis: Arief Rahman



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x