Kompas TV regional sosial

Sedang Disorot karena Sering Marah, Menteri Risma Lagi Asyik Menyapu Halaman Makam Ulama di Padang

Kompas.tv - 3 Oktober 2021, 10:34 WIB
sedang-disorot-karena-sering-marah-menteri-risma-lagi-asyik-menyapu-halaman-makam-ulama-di-padang
Menteri Sosial (Mensos) RI Tri Rismaharini menyapu halaman Makam Syekh Burhanuddin di Kecamatan Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, Sabtu (2/10/2021) (Sumber: ANTARA/AAdiaat MS)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

PADANG PARIAMAN, KOMPAS.TV - Meski sedang mendapat banyak sorotan karena dianggap gemar marah-marah, Menteri Sosial (Mensos) RI Tri Rismamaharini tampaknya tidak terlalu memedulikan.

Bahkan, pada Sabtu (2/10/2021) kemarin, ia kedapatan sedang asyik menyapu halaman kawasan makam seorang Ulama di sela-sela kunjungannya di Padang Pariaman.

Halaman makam yang disapu oleh Menteri Risma itu adalah Kawasan makam Syekh Burhanudin Ulakan, seorang ulama legendaris dari Padang Pariaman dan dikenal sebagai tokoh berpengaruh dan mursyid Tarekat Shatariyah di daerah Minangkabau.

Makam itu berada di daerah Ulakan, Tapakis, Kabupaten Pariaman, Sumatera Barat.  

"Tokoh yang dimakamkan di sana dihormati oleh seluruhnya, ya, kita jaga kebersihan makamnya," kata Tri Rismaharini di Ulakan Tapakis, Sabtu, seperti dikutip Antara.

Risma mengatakan, makam ulama harus dihormati, ditata dan dikelola dengan baik agar masyarakat nyaman berziarah, namun juga kelak mendapatkan keberkahan dari ulama itu.

Sebelum menyapu halaman Ulama yang juga pahlawan pergerakan karena melawan penjajahan VOC itu, Risma juga berdoa dan mendoakan para ulama dan penyebar Islam setempat di tempat itu.

Namun, menurut Risma, ada yang salah dengan pengelolaan di kawasan itu sehingga ketika terjadi bencana pohon tumbang sempat menimpa empat orang peziarah, salah satunya meninggal dunia.

Untuk itulah, menurut Risma, memang harus ditata ulang agar kejadian serupa tidak terjadi lagi. Apalagi di tempat ulama yang begitu dihormati ini.

“Seharusnya tidak terjadi (peristiwa itu-red),” dia menandaskan.

Risma tidak sendirian, bersamanya juga ada anggota Komisi VIII DPR RI John Kenedy Azis yang ikut dalam rombongan. Bahkan, ia menegaskan aksi itu murni ingin berbakti saja di makam Syekh Burhanudin.

“Menteri berbisik ke saya, dia ingin menyapu di halaman makam," katanya.

Belakangan Menteri Risma lagi disorot karena dianggap gemar marah-marah di publik. Beberapa bahkan tidak terima, salah satunya Gubernur Gorontalo Rusli Habibie yang tidak terima atas aksi Risma tersebut. 

Baca Juga: Gubernur Gorontalo Tersinggung Menteri Sosial Tri Rismaharini Marahi Pegawainya

 



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x