Kompas TV nasional peristiwa

Begini Cara Anies Kampanye Sepeda sebagai Tansportasi dan Batik Jadi Pakaian Sehari-hari

Kompas.tv - 3 Oktober 2021, 00:12 WIB
begini-cara-anies-kampanye-sepeda-sebagai-tansportasi-dan-batik-jadi-pakaian-sehari-hari
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunakan sepeda miliknya untuk pergi ke Balai Kota. Bike to Work ini dilakukan Anies dalam memperingati Hari Sepeda Dunia, Kamis (3/6/2021). (Sumber: Instagram Anies Baswedan)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan punya cara unik dalam memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober.

Bersama komunitas Bike to Work (B2W), Anies mengenakan batik dan bersepeda menyisir Jalan Jenderal Sudirman, Jalan MH Thamrin hingga ke Balai Kota di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Sabtu (2/10/2021).

Menurut Anies selain menggelorakan batik sebagai warisan budaya, sepeda juga perlu didorong sebagai transportasi sehari-hari.

Baca Juga: Ragam Cara Peringati Hari Batik Nasional, dari Kue Bolu Batik Sampai Terapi Membatik Para Napi

"Kita ingin mendorong kebiasaan bersepeda sebagai alat transportasi sehari-hari. Begitu juga dengan batik, selama ini kita biasanya memakai batik hanya untuk acara-acara formal, padahal batik bisa juga untuk dipakai sehari-hari," ujar Anies di akun Instagram, Sabtu (2/10/2021).

Anies menambahkan sepeda saat ini tidak lagi digunakan sebagai alat olahraga melainkan sebagai transportasi. 

Terlebih Pemporv DKI Jakarta berkomitmen membuat jalur sepeda sepanjang 578,8 kilometer. Di tahun 2021, Pemprov menargetkan 101,2 kilometer jalur sepeda sudah dapat digunakan oleh masyarakat.  

"Kita biasanya melihat sepeda sebagai alat olahraga, yang itu juga baik-baik saja silakan diteruskan. Kita juga ingin mendorong kebiasaan bersepeda sebagai alat transportasi sehari-hari," ujarnya. 

Baca Juga: Momen Anies Baswedan Bike To Work, Pakai Batik Gowes Sepeda ke Kantornya di Balai Kota Jakarta

"Jadi, sudah berbatik dan bersepedakah hari ini?" sambung Anies. 

Bukan kali ini Anies menggunakan batik saat bersepeda. Di peringatan Hari Sepeda Sedunia, Anies mengenakan batik dengan dasar merah saat menggenjot sepeda Schwinn tipe Skyliner yang sudah dimilikinya selama 15 tahun untuk pergi ke Balai Kota.

"Kita ingin mendorong bersepeda sebagai kebiasaan transportasi bukan saja kegiatan olahraga. Karenanya bersepeda tidak perlu harus sepeda khusus, tidak harus pakai sepatu khusus, tidak harus baju khusus," ujar Anies, Kamis (3/6/2021).

 

 

 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x