Kompas TV religi beranda islami

Bacalah Tiga Zikir Malam Pengantar Tidur, Agar Bebas dari Setan yang Berkeliaran di Malam Hari

Kompas.tv - 2 Oktober 2021, 18:23 WIB
bacalah-tiga-zikir-malam-pengantar-tidur-agar-bebas-dari-setan-yang-berkeliaran-di-malam-hari
Ilustrasi setan, iblis. (Sumber: Instagram @sugarhackvintage)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jika kalian hendak tidur, apa yang dilakukan? Mungkin Anda akan menggosok gigi, merapikan tempat tidur dan siap-siap berbaring. Namun, semua itu akan lebih berkah jika sebelum mata terlelap membaca zikir dan doa berikut ini. 

Zikir ini ada tiga tahap dan bisa diamalkan ketika malam tiba. Sebab, ketika seorang muslim mengamalkannya maka akan banyak sekali manfaat dan pahala yang diterima, termasuk akan dijaga langsung oleh Allah SWT hingga pagi tiba.  

Rasulullah SAW bersabda tentang betapa pentingnya zikir dan doa sebelum tidur.

“Barangsiapa yang berbaring di atas kasurnya dalam keadaan suci dan dia berzikir kepada Allah hingga dia merasa kantuk, tidaklah berbalik sesaat dari waktu malam ketika dia memohon kebaikan dunia dan akhirat, melainkan Allah akan mengabulkannya.” (HR. Tirmidzi dan Abu Dawud).

Nah, tiga zikir sebagai pengantar itu adalah:

Pertama, bacalah surat Annas dan Alfalaq. Surat ini kerap disebut surat Al-Mu’awidzatain, dua surat yang melindungi. Hal ini berdasarkan hadis Nabi, sebuah anjuran terhadap sahabat Uqbah.

Rasululullah SAW bersabda yang artinya:

“Bacalah Wahai ‘Uqbah, bacalah keduanya setiap kamu tidur dan bangun. Tidaklah seseorang bisa meminta atau berlindung dengan seperti keduanya.” (HR. Ahmad dan Ibnu Khuzaimah).

Baca Juga: Zikir dan Doa untuk Mengobati Sakit Hati



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x