Kompas TV nasional budaya

6 Kampung Batik yang Patut Dikunjungi untuk Wisata dan Belajar, Mana Saja?

Kompas.tv - 2 Oktober 2021, 11:22 WIB
6-kampung-batik-yang-patut-dikunjungi-untuk-wisata-dan-belajar-mana-saja
Ilustrasi proses pembuatan batik di Kampung Batik Laweyan, Kota Solo, Jawa Tengah. (Sumber: Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Batik merupakan satu dari sekian ragam kain tradisional Nusantara yang sudah tersebar hingga ke seluruh pelosok negeri.

Hari ini, Sabtu (2/10/2021), pun diperingati sebagai Hari Batik Nasional yang artinya menjadi momen untuk lebih mencintai dan mengenal batik itu sendiri.

Salah satu hal yang tak dapat dilepaskan dari batik tentu saja kampung wisatanya yang sekaligus merupakan sentra industri kain tradisional tersebut.

Di Indonesia terdapat beberapa kampung batik yang patut untuk dikunjungi. Tidak hanya untuk objek wisata namun juga sarana edukasi. 

Berikut sejumlah kampung batik yang banyak disinggahi oleh wisatawan dalam maupun luar negeri.

Baca Juga: Diperingati Setiap Tanggal 2 Oktober, Begini Sejarah Hari Batik Nasional

1. Kampung Batik Laweyan, Solo

Dari beberapa kampung batik yang ada di Kota Solo, Jawa Tengah, yang wajib dikunjungi sebagai destinasi wisata adalah Kampung Batik Laweyan.

Saat berkunjung ke Kampung Batik Laweyan, wisatawan dapat menemukan puluhan toko, galeri, hingga rumah produksi batik di tengah-tengah permukiman warga.

Menurut informasi dari Ketua Forum Pengembangan Kampoeng Batik Laweyan Alpha Fabela Priyatmono, sejarah kampung ini telah terbentuk sejak zaman Kerajaan Pajang pada 1500-an.

Dengan mengunjungi Kampung Batik Laweyan, pelancong pastinya akan banyak belajar mengenai batik khas Solo yang sarat akan warna cokelat soga dan motif geometris nan kecil-kecil ukurannya.

2. Kampung Batik Griloyo, Yogyakarta

Sebagai destinasi wisata, sentra kerajinan batik tulis Giriloyo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menawarkan pengalaman berlibur yang unik yaitu paket belajar membatik.

Selain paket membatik untuk para wisatawan, kampung yang terletak sekitar 17 kilometer selatan Kota Yogyakarta tersebut juga menyuguhkan suasana Kerajaan Mataram Islam lewat rumah-rumah tradisional di dalamnya.

Tak ketinggalan, peserta jelajah Kampung Batik Giriloyo pun dapat menikmati sajian kuliner tradisional dusun tersebut, seperti pecel kembang turi dan wedang uwuh.

Ilustrasi proses pengerjaan batik di Kampung Batik Trusmi, Kota Cirebon, Jawa Barat. (Sumber: KOMPAS.com/AGUS SUSANTO)

3. Kampung Batik Trusmi, Cirebon

Trusmi merupakan nama sebuah kampung di Kota Cirebon, Jawa Barat, yang kemungkinan besar lebih dikenal sebagai nama toko atau merek batik dari daerah tersebut.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x