Kompas TV nasional peristiwa

Dengan Mengucapkan Basmalah, Presiden Resmikan Venue PON XX Papua

Kompas.tv - 2 Oktober 2021, 10:27 WIB
dengan-mengucapkan-basmalah-presiden-resmikan-venue-pon-xx-papua
Tangkapan layar saat Presiden Joko Widodo membeli noken di mama-mama penjual noken saat berkunjung ke Papua sebagai persiapan membuka PON XX Papua. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Presiden Joko Widodo meresmikan venue-venue olahraga yang bakal digunakan di PON XX Papua. Presiden meminta venue-venue tersebut dirawat dan dikelola secara professional setelah PON berakhir.

“Dengan mengucap bismillaahirrahmaanirrahiim, venue-venue PON pagi ini saya nyatakan diresmikan,” kata Presiden Joko Widodo di Papua, Sabtu (2/10/2021).

Dalam peresmian tersebut, Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Ketua DPR Puan Maharani dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Baca Juga: PON XX Dibuka Presiden Jokowi Sore Ini, Polri: Situasi Papua Kondusif

Presiden menyatakan venue-venue yang dibangun merupakan fasilitas olahraga yang berstandar internasional. Venue-venue tersebut dibangun untuk mendukung dan menyukseskan pelaksanaan PON pertama kali di tanah Papua.

Presiden menyebut venue olahraga di Papua tersebut mempunyai kecanggihan dan inovasi.

“Berbagai venue ini menghadirkan berbagai inovasi, kecanggihan konstruksi yang hemat energi dan ramah lingkungan,” tutur Presiden Jokowi.

Baca Juga: Pertandingan eSport PON XX Sukses, Kini Catat Sejarah Baru!

Venue-venue baru tersebut antara lain arena akuatik, arena kriket, arena hoki, arena dayung, arena panahan dan arena sepatu roda.

Setelah membangun venue-venue tersebut, menurut Presiden, pekerjaan masih belum selesai.

Tugas selanjutnya adalah merawat, menjaga dan memanfaatkan sebaik mungkin venue-venue baru di Papua.

Presiden menegaskan tidak ingin venue-venue yang dibangun dengan dana besar tersebut justru akan menjadi rusak dan tidak digunakan.

Baca Juga: Upacara Pembukaan PON XX Papua di Stadion Lukas Enembe Jayapura

"Saya tidak ingin nanti setelah PON usai, fasilitas yang telah dibangun dengan dana besar, dan berstandar internasional justru menjadi tempat yang sepi, tidak terawat, dan akhirnya rusak. Ini yang tidak kita maui,” katanya.

Karena itu, Presiden meminta kepada Gubernur Papua, para bupati dan wali kota agar segera menyiapkan menajemen pengelolaan fasilitas olahraga secara professional. Fasilitas baru tersebut, kata Presiden, harus terpelihara dengan baik.

“Manfaatkan venue ini sebagai tempat penjaringan bibit unggul olahraga, pembinaan para atlet Papua untuk semakin berprestasi baik di tingkat nasional maupun di tingkat dunia,” papar Presiden Joko Widodo.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x