Kompas TV nasional peristiwa

Peringatan Dini BMKG, 2 Oktober 2021: Cuaca Ekstrem Akibatkan 12 Daerah Berpotensi Banjir

Kompas.tv - 2 Oktober 2021, 05:50 WIB
peringatan-dini-bmkg-2-oktober-2021-cuaca-ekstrem-akibatkan-12-daerah-berpotensi-banjir
Ilustrasi peringatan potensi cuaca ekstrem hujan yang dapat mengakibatkan banjir di 12 daerah di Indonesia sesuai prakiraan cuaca BMKG. (Sumber: kompas.com/kulkann)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem dan prakiraan cuaca hari ini, Sabtu (2/10/2021) di mana 12 daerah di Indonesia berpotensi mengalami banjir.

Pantauan BMKG menunjukkan gangguan fenomena Madden Jullian Oscillation (MJO) yang aktif di Samudera Hindia barat Sumatera, sebagian besar Sumatera, Laut Natuna, dan Kalimantan Barat bagian barat, dan Samudera Hindia barat daya Pulau Jawa.

Gelombang Kelvin, gelombang Rossby Ekuator dan gelombang tipe Low Frequency juga terpantau di sejumlah wilayah Indonesia.

Selain itu, BMKG juga memantau sirkulasi siklonik yang menyebabkan konvergensi memanjang dari Maluku Utara hingga perairan utara Halmahera, dari Papua Barat hingga perairan utara Papua Barat.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang di Kep. Bangka Belitung, dari Kalimantan bagian tengah hingga Kalimantan Timur, dari Sulawesi Barat hingga Sulawesi Tengah dan di Papua bagian tengah.

Baca Juga: Penting, Ini 7 Makanan Peningkat Imun Saat Cuaca Tidak Menentu

Lalu, ada pula labilitas lokal kuat dan dry intrusion di sejumlah daerah Indonesia. Berbagai kondisi itu mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan serta cuaca ekstrem, seperti hujan lebat, angin kencang hingga banjir.

Berikut wilayah-wilayah Indonesia yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem pada 2 Oktober 2021:

Potensi Hujan Lebat 

Sumatera Barat, Kep. Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Potensi Angin Kencang

Sumatera Selatan dan Kalimantan Selatan



Sumber : Kompas TV/BMKG

BERITA LAINNYA



Close Ads x