Kompas TV internasional kompas dunia

Duh, Utang Jatuh Tempo Rp1,4 T Belum Dibayar, Suplai Listrik Lebanon Diputus Perusahaan Turki

Sabtu, 2 Oktober 2021 | 01:05 WIB
duh-utang-jatuh-tempo-rp1-4-t-belum-dibayar-suplai-listrik-lebanon-diputus-perusahaan-turki
Dalam foto yang diambil pada 16 Juli 2018 ini tampak dua pembangkit listrik terapung milik perusahaan Turki, Karadeniz Powership Orhan Bey (Karpowership) di utara dan selatan ibu kota Beirut, Lebanon. Pada Jumat (1/10/2021), Karpowership menyatakan telah menghentikan pasokan listriknya ke Lebabon setelah kontrak berakhir. (Sumber: AP Photo/Bilal Hussein, File)

BEIRUT, KOMPAS.TV – Lantaran utang yang telah jatuh tempo belum dibayar, perusahaan Turki yang menyuplai listrik ke Lebanon terpaksa menghentikan aliran listriknya ke negara itu.

Melansir Associated Press, langkah itu ditempuh perusahaan Turki Karadeniz Powership Orhan Bey (Karpowership) yang telah menyediakan pasokan listrik bagi Lebanon selama 8 tahun terakhir.

Disebutkan, perusahaan listrik negara (PLN) Lebanon berutang pada Karpowership lebih dari 100 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp1,4 triliun dan telah jatuh tempo.

“Selama delapan tahun beroperasi di Lebanon, terlepas dari segala tantangan, kami telah melakukan segala yang kami bisa untuk mendukung warga Lebanon,” kata Karpowership dalam pernyataannya, Jumat (1/10/2021).

Sejak 2013, Karpowership telah menyediakan sekitar 370 megawatt – sekitar seperempat pasokan listrik Lebanon – dari dua generator raksasa di dua kapal tongkangnya. Kedua tongkang ini berlabuh di selatan dan utara ibu kota Beirut.

Menurut Karpowership, kontrak dengan Lebanon telah berakhir pada Kamis (30/9/2021) tengah malam. Pada Mei lalu, perusahaan ini sempat menutup operasionalnya secara singkat lantaran pembayaran yang terlambat dan ancaman tindakan hukum terhadap kedua kapal tongkangnya.

Baca Juga: Pria Ini Tewas setelah Menelan Bensin yang Disedotnya, Gambaran Krisis BBM di Lebanon

Lebanon tengah bergulat dengan krisis ekonomi yang mencakup kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) dan listrik. Pemadaman listrik kerap berlangsung hingga 22 jam dalam sehari. Pemadaman listrik telah menjadi keseharian negara Mediterania ini sejak perang sipil 1975-1990.

Di tengah ketiadaan pasokan listrik oleh negara, Lebanon mengandalkan sebagian besar kebutuhan listriknya pada diesel impor untuk generator milik kartel demi menerangi rumah rakyat.   

Pemerintahan baru negara itu, yang baru dipilih pada pekan lalu, telah mengatakan bahwa meningkatkan produksi listrik menjadi salah satu prioritas mereka. Pemerintahan sebelumnya gagal menyepakati solusi permanen akan kelangkaan kronis itu lantaran korupsi yang merajalela.

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:49
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19