Kompas TV regional berita daerah

Festival Kopi Di Tengah Pegunungan Meratus Kalimantan

Kompas.tv - 1 Oktober 2021, 15:46 WIB

HULU SUNGAI TENGAH, KOMPAS.TV - Sejumlah Barista di Kabupaten Hulu Sungai Tengah Kalimantan Selatan menggelar Festival Kopi Meratus 2021, untuk memeriahkan Hari Kopi Internasional pada tanggal 1 Oktober 2021.

Berlangsung di Pegunungan Meratus tepatnya di Desa Hinas Kiri, Kecamatan Batang Alai Timur, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, event ini diikuti sejumlah Barista dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Tengah.

Dengan mengusung tema Reborn Kindai yang bermakna menghidupkan kembali Lumbung Kopi Lokal yang sempat menjadi penggerak ekonomi utama Petani setempat, pada tahun 1980 silam.

Baca Juga: World Rabies Day, Animal Lovers Vaksinasi Hewan Peliharaan

Dikemas menarik kegiatan berisi diskusi dengan narasumber yang ahli di bidang budidaya kopi,  hingga beberapa teknis yang dibutuhkan oleh Barista,  seiring trend elektabilitas kopi di zaman sekarang yang cenderung semakin tinggi .

Tujuan kegiatan ini untuk menyatupadukan mindset pelaku industri kopi di Kalimantan Selatan dengan mediator khususnya Petani lokal, agar dapat saling menguntungkan dalam bisnis kopi.

“Alhamdulillah selain antusiasme masyarakat, antusiasme dari peserta juga bikin kami kaget, terlebih dalam Penanaman Kopi. Semoga untuk kedepannya Festival ini dapat kami kemas lebih menarik lagi“ ucap Friddy ash shidqi Ketua Pelaksana Festival Kopi Meratus 2021.

“Yang pastinya tentang penanaman kopi, salah satunya pehamaman mendalam tentang penanaman kopi robusta” menurut Indah Fitria.

Baca Juga: Targetkan 2 Medali emas, 9 Atlet Gulat Kalsel Serius Latihan Hadapi PON XX di Papua

Hal tersebut sejalan dengan adanya keinginan Pemkab Hulu Sungai Tengah yang juga ingin melakukan pengembangan lebih lanjut terhadap komoditas kopi lokal tersebut.

Pihaknya juga akan membantu mencarikan lahan hingga memenuhi kebutuhan bibit kopi meski menurutnya warga terlebih dahulu harus mengajukan proposal dari Kelompok Tani sesuai aturan yang berlaku di Pemerintahan.

“Jadi kami sangat mendukung kegiatan ini, seiring keinginan Bupati yang baru ini terlebih untuk pengembangan kopi lokal, untuk tahap pertama kita akan mencari lahan dan jenis varietas kopi lokal untuk masyarakat terlebih dahulu” Ucap Ariadi saputra sebagai Kepala Seksi Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Hulu Sungai Tengah

Kegiatan festival kopi meratus ini ditutup dengan penanaman bibit kopi jenis Robusta asli Pegunungan Meratus oleh masing-masing peserta,  sembari dijelaskan bagaimana cara menanam bibit oleh Kosim, seorang tokoh petani setempat.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x