Kompas TV nasional berita utama

Terbang ke Papua, Presiden Jokowi Bakal Buka PON XX Besok

Jumat, 1 Oktober 2021 | 14:16 WIB
terbang-ke-papua-presiden-jokowi-bakal-buka-pon-xx-besok
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak ke Provinsi Papua pada hari ini, Jumat (1/10/2021).  (Sumber: Associated Press)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak ke Provinsi Papua pada hari ini, Jumat (1/10/2021). 

Keberangkatan Kepala Negara ke Papua ini guna melakukan kunjungan kerja, dengan salah satu agendanya yakni membuka gelaran Pekan Olahraga Nasional ke-20 (PON XX) pada Sabtu (2/10/2021) besok. 

"Dalam kunjungan kerja tersebut, Presiden diagendakan untuk membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, hingga meresmikan sejumlah infrastruktur," dilansir dari keterangan resmi di laman Sekretariat Presiden, Jumat. 

Sebagai informasi, Jokowi bersama rombongan terbatas, lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, menggunakan pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 09.20 WIB.

Setibanya di Bandar Udara Sentani, Kabupaten Jayapura, Presiden Jokowi dan rombongan akan langsung bermalam dan melanjutkan agenda kerja keesokan harinya.

Pada kunjungan kerjanya kali ini, mantan Gubernur DKI Jakarta dan Wali Kota Solo ini didampingi oleh Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, serta Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar.

Kemudian ada Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen Tri Budi Utomo, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Bey Machmudin.

Baca Juga: Jamin Pembukaan PON XX Papua Berjalan Lancar, Mahfud MD: Pengamanan Berlapis

Pekan Olah Raga Nasional (PON) ke-20 akan diselenggarakan di Provinsi Papua pada 2 hingga 13 Oktober 2021.

Di sisi lain, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD juga memastikan pembukaan PON XX Papua pada 2 Oktober 2021 bakal berjalan lancar. 

"Saya bersama Bapak Menteri Dalam Negeri melakukan pengecekan terakhir dan melihat persiapan akhir yang dilakukan oleh panitia, semua berjalan baik," kata Mahfud, dalam keterangan tertulis. 

Sementara itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Satuan Tugas Protokol Kesehatan (Prokes) PON XX  memastikan penyelenggaraan PON XX Papua aman dari lonjakan kasus Covid-19.

Pasalnya mereka melakukan asistensi kepada Panitia Besar acara tersebut terkait penguatan protokol kesehatan selama perhelatan ini berlangsung.

Mulai dari alur masuk penonton dan atlet, vaksinasi, screening, penggunaan masker yang benar dan edukasi protokol kesehatan lain. 

"Kita akan pastikan penyelenggaraan PON XX ini benar-benar menerapkan protokol kesehatan dan aman dari potensi lonjakan kasus Covid-19," kata Deputi Bidang Pencegahan BNPB yang juga selaku Ketua Satgas Prokes PON XX Prasinta Dewi, dalam keterangannya. 

Dia mengaku pihaknya juga telah membangun gerai masker di empat wilayah penyelenggaraan PON XX sebanyak 24 gerai dan Mobil Masker sebanyak 8 unit.

Baca Juga: H-1 Pembukaan PON XX Papua, BNPB Pastikan Penyelenggaraan Aman dari Lonjakan Kasus Covid-19


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x