Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Financial Lessons di "Squid Game": Uang untuk Hidup atau Hidup untuk Uang?

Kompas.tv - 1 Oktober 2021, 13:50 WIB
financial-lessons-di-squid-game-uang-untuk-hidup-atau-hidup-untuk-uang
Drama seri Korea Squid Game (Sumber: Netflix)
Penulis : Dina Karina | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV- Serial Korea Selatan produksi Netflix, "Squid Game", kini tengah jadi perbincangan di seluruh dunia. Tidak hanya menarik untuk ditonton, ternyata ada pelajaran tentang keuangan (financial lessons) yang bisa dipetik dari tayangan tersebut.

Perencana keuangan dan CEO Zap Finance Prita Ghozie mengatakan, sejumlah permainan yang ada dalam drama seri "Squid Game" mengajarkan tentang sejauh mana manusia akan melakukan hal-hal untuk mencapai keinginannya jika berhubungan dengan hidup dan uang.

"Meski pun kurang suka dengan genre seperti ini, tapi beneran 'Squid Game' Netflix nagih nontonnya sampai habis. Dan surprise! Luar biasa banyak banget lessons yang bisa diambil dari cerita ini," kata Prita dikutip dari akun instagramnya, @pritaghozie, Jumat (1/10/2021).

"Squid Game" menceritakan tentang Seong Gi-Hun, seorang pria yang bangkrut dan terlilit utang. Kehidupan pernikahannya hancur dan dia tinggal bersama ibunya yang sudah tua.

Suatu hari Gi-Hun mendapat undangan misterius untuk ikut dalam kompetisi permainan masa kecil, bersama lebih dari 400 orang lainnya.

Baca Juga: Squid Game Laris di Netflix, Saham 2 Agensi Ini Ikut Kecipratan Cuan!

Permainan itu menawarkan hadiah sebesar 45,6 miliar won atau sekitar Rp596 miliar (asumsi kurs Rp12,06 per won).

"Jujur aja, aku tertarik dengan beberapa permainannya yang ternyata menyimpan pelajaran untuk financial planning," ujar Prita.

Berikut adalah permainan dalam "Squid Game" yang terkait dengan perencanaan keuangan atau financial planning menurut Prita Ghozie:

1. Red Light, Green Light

Peraturan: Lampu hijau boleh gerak, lampu merah harus berhenti. Jika ada gerakan, maka penjaga akan menembak pemain.

Terlihat sekali para pemain memiliki karakter yang berlainan. Ada yang nekat tanpa strategi (alhasil ditembak), ada yang tenang bahkan bisa membaca situasi. Misalnya, jika berjalan di belakang orang lain maka gerakan kecil tidak terdeteksi.

Baca Juga: Co-CEO Netflix: Squid Game Berpotensi Menjadi Serial Non-Bahasa Inggris Terbesar di Dunia

Red Light, Green Light ini mengingatkan kita pada pengendalian diri yang merupakan good money habit paling dasar dalam pengelolaan uang.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x