Kompas TV nasional sosok

Blusukan Puan Tinjau Vaksinasi ke Perkampungan: Emang Ibu-ibu Tahu Siapa Saya?

Kompas.tv - 1 Oktober 2021, 08:10 WIB
blusukan-puan-tinjau-vaksinasi-ke-perkampungan-emang-ibu-ibu-tahu-siapa-saya
Ketua DPR RI  Puan Maharani meninjau vaksinasi door to door bersama Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan yang diselenggarakan oleh BIN di RW 11, Kelurahan Karadenan, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (29/9/2021). (Sumber: dpr.go.id-)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Ketua DPR RI  Puan Maharani meninjau vaksinasi door to door bersama Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan yang diselenggarakan oleh BIN di RW 11, Kelurahan Karadenan, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (29/9/2021). 

Mengetahui ada pejabat yang datang, seorang ibu pun menghampiri Puan.  Warga  tersebut meminta Puan untuk mampir ke rumahnya untuk menengok orang tuanya  yang sudah berusia lanjut.

Saat sampai di rumah warga, Puan pun menyapa “Oh iya ibu Assalamualaikum, sehat-sehat ya ibu. Emang ibu-ibu tahu saya siapa?” tanya Puan saat mendatangi rumah warga yang menghampirinya. “Tahu dong ibu, Ibu Puan Maharani Ketua DPR RI,” jawab sang pemilik rumah.

Namun, Puan pun kembali bertanya, apakah  perempuan itu baru tahu soal dirinya karena Puan hendak datang. Sang ibu mengatakan ia sudah lama mengetahui sosok Puan. “Nggak ibu sudah dari dulu. Dari saya sekolah sudah tahu, kan anaknya Ibu Megawati,” terebut.

Selain berbincang akrab dengan warga, tak lupa Puan pun membagikan buku dan alat tulis untuk anak-anak yang berada di lingkungan lokasi vaksinasi tersebut. Puan juga mendatangi rumah-rumah warga yang menjalani vaksinasi. “Anaknya sudah semua divaksin? Bapak, ibunya semua yang di rumah juga sudah? Pokoknya ajak semua, om dan tantenya, semua divaksin supaya sehat,” ujar Puan.

Baca Juga: Kocak! Puan Maharani Sampai Ngakak Disebut Adik Megawati

Permukiman warga yang didatangi Puan berada di pinggiran Setu. Daerah tersebut menjadi sentra UMKM kerupuk sehingga Puan sekaligus ikut melihat proses pembuatannya.

Kepada salah seorang pemilik usaha kerupuk bernama Ilyas, Puan bertanya bisnis penjualan kerupuk yang biasanya didistribusikan ke pasar-pasar. Mengingat banyak UMKM yang terdampak pandemi Covid-19. “Masih laku bu, ini saya usaha sudah turun temurun,” kata Ilyas. “Alhamdulillah ya masih laku. Sehat-sehat terus ya pak,”  Puan memberi semangat.

Dalam beberapa pekan terakhir, anak dari Ketua Umum Megawati Soekarnoputri ini rajin menyapa masyarakat baik turun langsung maupun via daring.

Misalnya, saat melakukan pertemuan daring bersama empat sekolah untuk program vaksinasi BIN yang digelar di sejumlah daerah, Puan pun menyapa anak-anak sekolah.

Puan lalu memberi kesempatan kepada para siswa untuk berinteraksi aktif. Puan pun dicurhati oleh siswa-siswi dari berbagai daerah itu. Seorang siswi SMAN 1 Manado bernama Amdea Parengkuan lalu menyampaikan kegembiraannya bisa divaksin sehingga dapat segera bersekolah tatap muka.

“Jujur Bu, kami sudah sangat rindu untuk melaksanakan pembelajaran secara langsung. Setelah divaksin kami bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas, bisa bertemu dengan guru, teman, dan gebetan,” ujar Amdea.

Baca Juga: Puan Maharani Tinjau Vaksinasi Covid-19 di Wilayah Jakarta Barat

Mendengar curhatan Amdea, Puan pun tertawa. Rekan Amdea bernama Solidia Saul juga ikut menyapa Puan menggunakan bahasa daerah Sulawesi Utara. “Mari Jo datang ke Manado karena cuma di Manado yang ada Jembatan Megawati dan Jembatan Sukarno. Torang semua tunggu ya Bu Puan,” ucapnya.


Sementara siswa  SMAN 5 Bandar Lampung bernama Andre memuji Puan yang selalu sigap mendorong percepatan vaksinasi Corona.

“Bu Puan tahu nggak singkatan dari PPKM? PPKM itu pelan-pelan kamu menghilang. Tapi Bu Puan nggak pernah menghilang karena selalu ada di garda terdepan demi percepatan vaksinasi,” ungkapnya.
 

Puan lantas menjawab, “Insya Allah Ibu Puan nggak akan pernah menghilang, tetap dukung program vaksinasi. Ini untuk Indonesia Sehat, Indonesia Hebat. Dan kita harus gotong royong dalam melaksanakannya”.


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x