Kompas TV internasional kompas dunia

Tingkat Vaksinasi Sudah Tinggi, Havana Kembali Buka Wisata Pantai

Kompas.tv - 1 Oktober 2021, 05:15 WIB
tingkat-vaksinasi-sudah-tinggi-havana-kembali-buka-wisata-pantai
Seorang petugas keamanan memeriksa pantai saat turis berjalan di sebuah pantai di Varadero, Kuba, Rabu, 29 September 2021. Pihak berwenang di Kuba mulai melonggarkan pembatasan COVID-19 di beberapa kota seperti Havana dan Varadero. (Sumber: AP/Ramon Espinosa)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Gading Persada


HAVANA, KOMPAS.TV - Pantai dan pusat rekreasi di Havana, Kuba, sudah mulai dibuka kembali pada Kamis (30/9/2021).

Pihak berwenang mengumumkan sudah waktunya bagi warga untuk melanjutkan kegiatan di luar ruangan dan membuka tempat-tempat yang menjadi pusat berkumpul bagi warga Havana.

Para pejabat mengatakan pembukaan kembali wisata disana, karena 90% penduduk kota tersebut telah divaksinasi dan kasus Covid-19 telah turun. Beberapa warga memanfaatkan kesempatan itu dengan cepat untuk pergi ke pantai dan menikmati sinar matahari serta pasir.

“Secara psikologis ini menguntungkan remaja dan anak-anak. Sudah lebih dari setengah negara divaksinasi. Anda harus percaya,” kata salah satu pengunjung pantai, Gladys Gonzales.

Baca Juga: Pengunjung Naik 10 Persen Usai Pelonggaran Aturan Anak Usia di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk Mal

Namun González juga mengatakan dia masih takut akan keterbukaan yang diberlakukan. Dia khawatir tentang kemungkinan munculnya kembali infeksi, seperti yang dialami Kuba setelah pembatasan sosial mulai longgar pada akhir tahun lalu.

Roberto García, seorang warga Havana, juga memutuskan untuk membawa anak-anaknya ke pantai timur di kota tersebut.

“Ketika kami melihat berita, kami memutuskan untuk datang ke pantai karena kami memiliki anak dan kami tidak menikmati musim panas selama dua tahun terakhir,” kata Garcia seperti dikutip dari The Associated Press. Mereka memastikan untuk menjaga jarak sosial selama berada di pantai.

Baca Juga: Ketua DPR Wanti-wanti Pemerintah Soal Pelonggaran PPKM, Angka Kematian Masih Tinggi

Pada hari Selasa, gubernur Havana, Reinaldo García Zapata, mengumumkan pembukaan kembali pantai, kolam renang, pusat kebugaran dan tempat-tempat lain.

Pemerintah Havana mengurangi pembatasan pandemi seperti memperpendek jam malam dan mengizinkan restoran, kafe dan bar untuk menerima pengunjung.

Namun, keadaan belum sepenuhnya kembali normal.

“Baik di kolam renang maupun di area pantai, pengunjung wajib menggunakan masker, kecuali saat mandi ke laut,” tulis surat kabar resmi Tribuna de La Habana.

Kolam renang juga masih dibatasi maksimal hanya terisi 50% dari kapasitasnya.



Sumber : Kompas TV/Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.