Kompas TV nasional politik

KPK Kibarkan Bendera Setengah Tiang, Dua Momen Terjadi: G30S/PKI dan Pemberhentian 57 Pegawai

Kompas.tv - 30 September 2021, 16:22 WIB
kpk-kibarkan-bendera-setengah-tiang-dua-momen-terjadi-g30s-pki-dan-pemberhentian-57-pegawai
Pengibaran Bendera Merah Putih setengah tiang di depan gedung Merah Putih KPK, Kamis (30/9/2021). (Sumber: KOMPAS.com/Rahel Narda )
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengibarkan bendera Merah Putih setengah tiang hari ini, Kamis (30/9/2021).

Pengibaran bendera Merah Putih setengah tiang itu juga tepat di hari terakhir masa tugas 57 pegawai KPK nonaktif.

Pemberhentian dengan hormat 57 pegawai KPK ini buntut dari proses peralihan pegawai KPK menjadi ASN melalui asesmen TWK berdasarkan UU 19 Tahun 2019 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, UU 5 Tahun 2014 tentang ASN.

Baca Juga: Pegawai Korban TWK Resmi Dikeluarkan dari KPK Hari Ini

Kendati demikian, pengibaran bendera Merah Putih setengah tiang ini bukan untuk melepas pegawai KPK yang mengakhiri masa tugas di lembaga antirasuah.

Plt Juru bicara KPK Ali Fikri menjelaskan pengibaran bendera Merah Putih setengah tiang merupakan amanat dari Surat Edaran Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Anwar Makarim Nomor 64262/MPK.F/TU.02.03./2021 Tentang Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaksian Pancasila Tahun 2021.

Ali Fikri pun memberikan SE Mendikbud Ristek tersebut. Dalam SE Mendikbud tertulis instruksi setiap kantor instansi pusat dan daerah mengibarkan bendera setengah tiang pada 30 September 2021.

"Setiap kantor instansi pusat dan daerah, kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri serta seluruh komponen masyarakat Indonesia pada tanggal 30 September 2021 agar mengibarkan bendera setengah tiang," tulis surat itu dikutip dari Kompas.com, Kamis (30/9/2021).

Baca Juga: 57 Pegawai KPK yang Tak Lolos Tes Wawasan Kebangsaan Resmi Dipecat

"Dan pada tanggal 1 Oktober 2021 pukul 06.00 waktu setempat, bendera berkibar satu tiang penuh."

Terpisah Ketua KPK Firli Bahuri menyatakan hari ini bangsa Indonesia kembali memperingati  peristiwa berdarah yang menjadi catatan kelam, yakni Gerakan 30 September 1965 Partai Komunis Indonesia (G30S PKI). 

Menurut Firli bahaya laten komunis sama halnya dengan korupsi. Prilaku korup yang awalnya tersembunyi, terpendam, tidak kelihatan, namun dapat muncul setelah dianggap sebagai budaya, kebiasaan dan sesuatu hal yang biasa.

Baca Juga: Pengamat Respons Usulan Kapolri: Jangan Anggap 56 Pegawai KPK Tak Lolos TWK Sebagai Pencari Kerja

"Sama halnya dengan laten komunis, pengentasan laten korupsi jelas membutuhkan peran aktif dan konsistensi nasional seluruh eksponen bangsa dan negara, agar penanganan kejahatan korupsi mulai hulu hingga hilir berjalan efektif, tepat, cepat dan efisien," ujar Firli dalam pesan tertulisnya.

Firli menambahkan sebagai abdi negara, segenap insan KPK wajib Merah Putih, setia mengabdi kepada NKRI, bukan laten atau kepada paham-paham tertentu, tegak lurus dengan undang-undang, hukum dan peraturan yang berlaku.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x