Kompas TV tekno gadget

Waspada, Ini 6 Tanda Ponsel Anda Diretas

Kompas.tv - 30 September 2021, 12:20 WIB
waspada-ini-6-tanda-ponsel-anda-diretas
Ilustrasi peretasan akun media sosial. (Sumber: Istockphoto/Xijian)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Semakin populernya penggunaan ponsel pintar sebagai perangkat elektronik utama masyarakat modern, membuat aksi peretasan pun kian meningkat.

Berdasarkan McAfee 2020 Mobile Threat Report, separuh lebih dari total keseluruhan ponsel yang ada di dunia ternyata dihinggapi program berbahaya atau malware.

Sementara itu, dalam State of Malware Report 2020, MalwareBytes melaporkan bahwa ponsel dengan sistem operasi Android lebih riskan terserang peretasan dibanding smartphone buatan Apple, iPhone.

Oleh sebab itu, perlu diketahui tanda-tanda ponsel yang mengalami peretasan oleh serangan malware dan berikut daftar lengkapnya, dilansir dari Techlicious.

Baca Juga: Setelah Melakukan Pengujian, Lituania Larang Warganya Beli dan Gunakan Ponsel dari China

1. Daya tahan baterai menurun

Sebetulnya penurunan daya tahan baterai itu wajar terjadi. Namun, saat ponsel terkena peretasan, daya tahan baterai dapat berkurang secara signifikan.

Hal tersebut disebabkan malware yang mendiami ponsel secara diam-diam menghabiskan begitu banyak daya baterai untuk memindai perangkat dan mengirimkan informasi ke servernya.

2. Performa ponsel jadi lamban

Terhambatnya proses pengerjaan perintah dalam sistem operasi pada ponsel juga bisa menjadi tengara dari sebuah peretasan.

Biasanya ponsel yang 'berjalan' tersendat-sendat itu menunjukan bahwa ada malware yang menjadi beban sistem dan berbenturan dengan kerja aplikasi lain.

Selain itu, peretasan juga sering mengakibatkan pengoperasian suatu aplikasi secara terus menerus dan tak bisa ditutup sehingga ponsel jadi mogok, bahkan harus dimuat ulang atau restart.

Baca Juga: Sering Cek Ponsel Setiap Kali Bangun Tidur? Ini Efeknya ke Otak



Sumber : Techlicious


BERITA LAINNYA



Close Ads x