Kompas TV nasional politik

Lodewijk Paulus Resmi Gantikan Azis Syamsuddin sebagai Wakil Ketua DPR

Kompas.tv - 30 September 2021, 11:44 WIB
lodewijk-paulus-resmi-gantikan-azis-syamsuddin-sebagai-wakil-ketua-dpr
Lodewick F Paulus menjalani sumpah pengangkatan jabatan sebagai wakil ketua DPR RI. (Sumber: Tangkapan layar Youtube DPR RI.)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS TV - DPR RI menggelar Rapat Paripurna pada Kamis (30/9/2021). Salah satu agenda dalam kegiatan itu adalah mengambil sumpah jabatan pergantian antar waktu wakil ketua DPR Fraksi Partai Golkar. 

Diketahui, Partai Golkar telah menunjuk Lodewick F Paulus untuk menggantikan Azis Syamsuddin sebagai pimpinan DPR. Keputusan itu diambil setelah Azis mengundurkan diri karena tersangkut kasus suap di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Baca Juga: Besok, DPR Gelar Rapat Paripurna Pengesahan Lodewick Paulus Gantikan Azis Syamsuddin

Rapat itu dipimpin langsung oleh Ketua DPR RI Puan Maharani. Politikus PDIP itu menanyakan kepada seluruh peserta rapat yang hadir ihwal persetujuan Lodewick Paulus diangkat menjadi wakil ketua DPR.    

"Sehubungan dengan hal tersebut, kami menanyakan kepada seluruh peserta sidang apakah saudara Lodewick F Paulus dapat ditetapkan menjadi wakil ketua DPR RI. Apakah dapat disetujui?," tanya Puan.  

"Setuju," jawab seluruh anggota DPR. 

Setelah disetujui oleh para peserta rapat, Lodewick langsung menjalani sumpah pengangkatan jabatan oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) M Syarifuddin. 

"Sebelum memangku jabatan, saudara wajib disumpah menurut agama Islam. Apakah saudara bersedia disumpah menurut agama saudara?," tanya Syarifuddin. 

"Bersedia," jawab Lodewick secara lantang. 

Baca Juga: Sah, Golkar Tunjuk Lodewick Paulus Gantikan Azis Syamsuddin sebagai Wakil Ketua DPR

Kemudian, Lodewick membaca sumpah jabatan mengikuti ucapan yang dibacakan Ketua MA M Syarifuddin. 

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai wakil ketua dewan perwakilan rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila dan UUD 1945. Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang atau golongan," kata Lodewick saat membacakan sumpah jabatan. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x