Kompas TV bisnis bumn

Posisi Erick Thohir Sebagai Menteri BUMN Diganti Sharon Florencia, Lho Ada Reshuffle?

Kompas.tv - 30 September 2021, 10:50 WIB
posisi-erick-thohir-sebagai-menteri-bumn-diganti-sharon-florencia-lho-ada-reshuffle
Sharon Florencia yang akan menggantikan posisi Erick Thohir sebagai Menteri BUMN selama 1 hari (30/9/2021) (Sumber: Kementerian BUMN)
Penulis : Dina Karina | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV- Posisi Erick Thohir sebagai Menteri BUMN akan digantikan oleh seorang anak muda bernama Sharon Florencia hari ini, Kamis (30/9/2021). Lho kok bisa? Tenang, ini bukan reshuffle kabinet Presiden Joko Widodo.

Sharon adalah finalis program #GirlsTakeOver yang diadakan Kementerian BUMN. Gadis 24 tahun asal Bekasi itu akan merasakan pengalaman sebagai Menteri BUMN dan menjalani tugas-tugas Erick Thohir selama 1 hari.

"Kak Menteri BUMN akan melaksanakan berbagai kegiatan. Mulai dari menyaksikan penandatanganan kerjasama, memimpin rapat pimpinan, hingga kunjungan lapangan. Kak Menteri akan memberikan masukan atas situasi yang diobservasi di lapangan," begitu isi pengumuman di akun instagram resmi Kementerian BUMN, @kementerianbumn.

Selain Sharon, ada 5 finalis lainnya yang akan menggantikan posisi direktur utama BUMN selama sehari.

Baca Juga: 8 BUMN Diguyur PMN Rp52 Triliun, Buat Apa Aja Ya?

Pertama, Virdha dari Jawa Tengah yang akan menggantikan tugas Direktur Utama Angkasa Pura I yakni Faik Fahmi.

"Nanti saya tugaskan Virdha men-take over Angkasa Pura Group untuk mereview bagaimana kesiapan fasilitas bagi penyandang disabilitas, nanti hasilnya tolong dilaporkan ke saya," ujar Erick seperti dikutip dari Antara.

Kedua, Adinda dari Jawa Tengah yang akan menggantikan tugas Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi.

"Latar belakangnya Adinda menarik karena membidangi informatika, dan kita tahu sekarang lagi tren mengenai bank digital. Oleh karena itu saya minta Adinda untuk ke Bank Mandiri sebagai Dirut, nanti laporkan ke saya bagaimana transisi digital di Mandiri," ucap Erick.

Ketiga, Indira dari Sulawesi Selatan yang akan menggantikan tugas Direktur Utama Kimia Farma Verdi Budidarmo.

Baca Juga: Disebut BUMN 'Hantu' oleh DPR, Ini Alasan Dibalik Rencana Pembubaran 7 BUMN

Saya tugaskan Indira di Kimia Farma untuk mengecek daripada dua hal yakni petakan atau mapping bahan baku impor apa saja di Kimia Farma. Kedua Kimia Farma juga sekarang sedang melakukan integrasi pelayanan dengan IHC Pertamedika, coba dilihat sendiri apa kelebihan dan kekurangannya," jelasnya.

Keempat, Sisilia dari Nusa Tenggara Timur yang akan menggantikan Direktur Utama BRI Sunarso.

"Sisilia dari Kupang, NTT kesehariannya senang membantu anak-anak sekolah. Kita tahu bagaimana sekarang yang namanya BRI bersama PNM dan Pegadaian menjadi satu kesatuan melakukan penambahan modal right issue yang sukses terbesar di Asia Tenggara, kedua di Asia dan nomor tujuh di dunia dengan nilai Rp96 triliun. Ini kita akan fokus di ultra mikro dan UMKM," papar Erick.

Baca Juga: Ditanya DPR Soal BUMN 'Hantu' dan 'Polesan', Erick Thohir Akui Ada BUMN Ngutang demi Bonus

Kelima, Putri dari Jawa Barat ditugaskan untuk menggantikan Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam.

"Putri saya tugaskan ke Telkomsel sebagai Direktur Utama, Telkomsel ini sedang melakukan integrasi yang sangat besar. Saya tugaskan Putri untuk mereview persiapan Telkomsel untuk menghadapi gelombang kedua disrupsi digital, nanti kasih masukan ke saya," tutur Erick.

Erick menegaskan, program #GirlsTakeOver adalah wujud komitmennya bersama seluruh jajaran Kementerian BUMN dan manajemen BUMN, , untuk mendukung kesetaraan gender dan terciptanya kepemimpinan setara di dunia kerja.



Sumber :

BERITA LAINNYA



Close Ads x