Kompas TV olahraga kompas sport

Manny Pacquiao Umumkan Pensiun dari Ring Tinju

Kompas.tv - 30 September 2021, 07:55 WIB
manny-pacquiao-umumkan-pensiun-dari-ring-tinju
Manny Pacquiao mengangkat tangannya dalam konvensi nasional partainya PDP-Laban di kota Quezon, Filipina pada Minggu 19 September 2021. Ikon tinju dan senator Filipina Manny Pacquiao mengatakan dia akan mencalonkan diri menjadi presiden pada pemilu 2022. Pada 29 September 2021, dia mengumumkan pensiun dari ring tinju. (Sumber: Manny Pacquiao MediaComms via AP)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Fadhilah

MANILA, KOMPAS.TV — Legenda tinju asal Filipina, Manny Pacquiao, secara resmi mengumumkan pensiun dalam sebuah video yang diposting di halaman Facebooknya, Rabu (29/9/2021).

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh dunia, terutama rakyat Filipina, yang telah mendukung Manny Pacquiao. Selamat tinggal tinju,” kata petinju berusia 42 tahun itu.

“Sulit bagi saya untuk menerima bahwa waktu saya sebagai petinju sudah berakhir. Hari ini saya mengumumkan saya pensiun," ujarnya dalam video itu.

Pacquiao mengakhiri karirnya selama 26 tahun, dengan 72 pertarungan dan 62 kemenangan, delapan kekalahan serta dua kali seri.

Dari 62 kemenangan itu, dia mendapatkan 39 dengan KO dan 23 menang dengan keputusan juri.

Dia memenangkan 12 gelar dunia dan merupakan satu-satunya petarung dalam sejarah yang memenangkan gelar delapan kelas berat yang berbeda.

Baca Juga: Petinju Manny Pacquiao Maju Jadi Capres Filipina, Tuduh Duterte Lemah di Laut China Selatan

Pensiunnya dari tinju menyusul kekalahan mengecewakan dari Yordenis Ugas di Paradise, Nevada, pada 21 Agustus lalu.

Petinju muda Kuba itu mengalahkan Pacquiao dengan keputusan mutlak, mempertahankan gelar kelas welter WBA-nya.

Itu adalah pertarungan pertama Pacquiao dalam lebih dari dua tahun terakhir.

“Terima kasih telah mengubah hidupku. Ketika keluarga saya putus asa, Anda memberi kami harapan, Anda memberi saya kesempatan untuk berjuang keluar dari kemiskinan," kata Pacquiao dalam video tersebut. 

"Karena Anda (tinju), saya dapat menginspirasi orang di seluruh dunia. Karena Anda, Saya telah diberi keberanian untuk mengubah lebih banyak kehidupan," tambahnya.

Pacquaio telah mengisyaratkan pensiun baru-baru ini, diduga karena dia melirik ke panggung politik.



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x