Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Gunakan 3 Tanaman Ini Jika Masih Banyak Tikus di Rumah

Kompas.tv - 29 September 2021, 22:29 WIB
gunakan-3-tanaman-ini-jika-masih-banyak-tikus-di-rumah
Tikus (Sumber: pixabay.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Tikus merupakan binatang pengerat yang kerap kali berada di rumah. Selain menjijikkan, binatang ini juga menjadi pembawa penyakit yang berbahaya.

Terkadang, keberadaan tikus di rumah tidak diketahui. Padahal, bisa saja mereka sudah tinggal dan berkembang biak di rumah.

Untuk mengetahui keberadaan tikus di dalam rumah dapat dilihat dari kotorannya yang ada di sekitar rumah. Selain itu bau kencingnya pun dapat menjadi penanda adanya tikus.

Jika menemukan tanda-tanda keberadaan tikus di dalam rumah, sebaiknya jangan lupa simpan makanan dalam kulkas atau dalam wadah yang tertutup setelah makan malam.

Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mengusir atau menangkap tikus, mulai dari memberi racun hingga memasang perangkap.

Tapi, ada cara alami yang cukup mudah untuk mengusir atau mencegah mereka masuk ke dalam rumah, yaitu dengan menggunakan tiga tanaman berikut, seperti dilansir Grid.id:

1. Peppermint

Aroma peppermint cukup menyegarkan bagi sebagian orang. Tapi tikus tidak menyukai aroma itu.

Dengan menanam pohon peppermint di halaman, tikus akan menjauh.

Selain menanamnya, semprotan peppermint yang terbuat dari potongan daun mint yang dimasukkan ke dalam air mendidih juga dapat mengusir tikus dari dalam rumah.

Caranya cukup  mudah. Setelah air berisi daun mint tersebut dngin, saring dan masukkan ke dalam botol semprot, lalu semprotkan di tempat yang dicurigai ada tikusnya.

Baca Juga: Penyelundupan Ratusan Liter Miras Cap Tikus Digagalkan Petugas



Sumber : grid.id

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.