Kompas TV nasional politik

Sah, Golkar Tunjuk Lodewick Paulus Gantikan Azis Syamsuddin sebagai Wakil Ketua DPR

Kompas.tv - 29 September 2021, 17:37 WIB
sah-golkar-tunjuk-lodewick-paulus-gantikan-azis-syamsuddin-sebagai-wakil-ketua-dpr
Ketua Umum Airlangga Hartarto dan Ketua DPR RI Puan Maharani di Gedung DPR (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menunjuk Lodewick Paulus sebagai wakil ketua DPR untuk menggantikan Azis Syamsuddin. Hal itu diumumkan Airlangga di Gedung DPR, Rabu (29/9/2021). 

Seperti diketahui, Azis menjadi tersangka dalam kasus dugaan korupsi pemberian hadiah atau janji terkait penanganan perkara yang ditangani oleh KPK di Kabupaten Lampung Tengah. 

Politisi Partai Golkar ini diduga memberikan uang pelicin sebesar Rp 3,1 miliar kepada mantan penyidik KPK Stepanus Robin untuk mengurus perkara di Lampung Tengah yang menyeret namanya dan kader Partai Golkar lainnya, yaitu Aliza Gunado, yang tengah diselidiki KPK.

Baca Juga: Muncul 3 Kader yang Digadang Gantikan Azis Syamsuddin Jadi Wakil Ketua DPR


"Kami sudah berkomunikasi untuk menggagendakan pertemuan hari ini. Partai Golkar sudah melakukan rapat pleno, sehingga sudah sesuai mekanisme. Partai Golkar memutuskan Lodewick Paulus," kata Airlangga

Sementara itu, Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan, pihaknya akan menggelar rapat paripurna pergantian antar waktu pimpinan DPR RI pada Kamis (30/9/2021). 

"Partai Golkar mengirimkan terkait proses pergantian pimpinan DPR. Insya Allah besok akan dilaksanakan rapat paripurna pergantian antar waktu wakil ketua DPR RI dari Partai Golkar," kata Puan. 

Sebelumnya, ada tiga nama yang sudah menjadi pertimbangan ketua umum partai berlambang pohon beringin tersebut. Ketiganya adalah Ketua Fraksi Partai Golkar Kahar Muzakir, Sekjen Partai Golkar Lodewick Paulus dan Wakil Ketua Komisi III Adies Kadir. 

"Nah,  kira-kira di antara tiga ini nanti salah satu ada di dalam amplop itu nanti. Nanti pak Ketum yang akan mengumumkan siapa yang akan diajukan," kata Ketua Badan Advokasi Hukum dan Hak Asasi Manusia (Bakumham) Partai Golkar Supriansa.

Ia meyakini pilihan orang nomor satu di partai berlambang pohon beringin itu akan diterima oleh seluruh kader. 

Baca Juga: Nama Pengganti Azis Syamsuddin dari Partai Golkar Akan Diumumkan Besok 29 September 2021

"Kriteria akan menjadi penilaian pak ketua umum dari berbagai sudut analisa. Termasuk bisa diterima oleh semua pihak, karena semua kader Golkar di fraksi. Tapi pak ketum memiliki cara pandang tersendiri dalam rangka menentukan," kata dia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.